Mengapa darah menstruasi bewarna hitam?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 31 Tahun
halo dokter, saya perempuan berusia 32 tahun, saya sedang datang bulan setelah sebelumnya terlambat 2 minggu, namun darah menstruasi yang keluar bewarna hitam dan sedikit, hal ini sudah berlangsung selama 10 hari sampai sekarang. biasanya saya datang bulan tepat waktu dan lamanya hanya satu minggu apakah ada yang salah dengan kesehatan saya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Darah menstruasi yang normal berwarna merah, namun jika ternyata darah menstruasi yang keluar berwarna hitam, Anda jangan langsung panik. Darah menstruasi terkadang bisa saja berwarna cokelat gelap atau kehitaman. Dalam kebanyakan kasus, darah menstruasi berwarna cokelat merupakan hal yang normal.

Darah menstruasi hitam atau cokelat tua merupakan darah lama, alias darah yang tersisa dari menstruasi pada bulan lalu. Dengan keluarnya darah menstruasi hitam, itu artinya tubuh berusaha untuk membersihkan diri.

Namun darah menstruasi hitam bisa jadi tanda keguguran, infeksi, radang panggul, aliran darah haid yang tersumbat atau menopause. Jika darah menstruasi berwarna hitam Anda disertai pusing, selalu merasa lelah, demam, kulit pucat atau kram dan nyeri di bagian vagina atau perut, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG. Untuk mencari tahu penyebab pasti dari darah hitam yang Anda alami.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut kembung jelang haid merupakan salah satu gejala PMS

Saat atau Menjelang Haid Perut Kembung? Ini Penyebabnya!

Perut kembung saat haid atau menjelang menstruasi merupakan salah satu gangguan yang kerap menghinggapi para wanita yang sedang atau akan merasakan datang bulan. Perut kembung disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh.