23 Nov 2021, 13:36Kandungan

mengapa darah haid seperti jelly?

OC
Info Penanya: OC0
Dokter, sudah 2 bulan terakhir di hari pertama haid keluar darah haid seperti jelly. Apakah darah haid seperti jelly ini berbahaya ? Apaa penyebabnya ? Apakan kondisi ini ada kaitan nya dengan gejela suatu penyakit ?
40 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo O,Selama siklus haid, lapisan dinding rahim mengalami penebalan, namun jika  tidak terjadi kehamilan, maka lapisan dinding rahim ini akan ada meluruh bersamaan dengan perubahan hormon dalam tubuh.

Penyebab haid menggumpal

Perdarahan haid yang luruh ini, tidak hanya berisi darah namun juga jaringan ikat dari lapisan dinding rahim tersebut maka dari itulah dapat tampak bergumpal dan seperti jeli jika jaringan ikat yang terkandung didalamnya banyak. Darah menggumpal ini sering terjadi saat haid sedang banyak sehingga menyerupai gel dengan warna merah terang hingga merah tua kehitaman dan semuanya normal.Namun jika gumpalan lebih besar dari 2,5 cm dan haid sangat banyak hingga Anda perlu mengganti pembalut tiap 1–2 jam, maka beberapa kemungkinan yang dapat terjadi adalah
Bila anda mengalami perdarahan menggumpal diikuti dengan keluhan lain, seperti nyeri hebat, atau bahkan hingga demam sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda dan jika perlu dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kondisi rahim Anda.Baca juga forum terkait menstruasi menggumpal:
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil