08 Aug 2020, 23:36Kandungan

Darah haid warnanya berubah-ubah, apa artinya?

ST
Info Penanya: ST, Wanita, 26 Tahun
Selamat malam dok, saya mau tanya saya tidak haid selama 2 bulan dn saya juga sdh tespek smpai 3 kli tapi hasilnya negatif, beberapa hari lalu saya haid selama 7 hari tapi darah haidnya keluar sedikit sedikit dn berubah rubah warna kadang coklat dan hitam, kadang merah . Kira kira apa penyebabnya ?
5738 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, ST.Haid adalah kondisi normal yang idealnya dialami setiap 21-35 hari, dimana mekanisme terjadinya haid diatur oleh sistem hormon tubuh. Apabila satu atau lebih hormon tubuh terganggu, maka siklus haid akan mengalami perubahan. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah stres, kelelahan, penggunaan kontrasepsi, gangguan tiroid, obesitas, dan lain-lain.Normalnya, haid akan terjadi selama 3-7 hari, dimana diawali dengan bercak kecokelatan atau kehitaman pada hari-hari awal, diikuti dengan darah merah yang menderas, dan diakhiri dengan bercak kembali. Jadi, kondisi darah berubah warna yang Anda alami tergolong masih normal, ya.

Penyebab Haid Keluar Sedikit

Tetapi, kondisi darah yang keluar sedikit dan keterlambatan haid bukanlah hal yang normal. Kondisi tersebut bisa mengisyaratkan bahwa adanya ketidakseimbangan hormon tubuh, yang dapat dipicu oleh:
  • Gangguan hormon tiroid
  • Sindrom ovari polikistik
  • Status gizi yang tidak normal, bisa terlalu gemuk atau kurus
  • Stres yang berlebihan
  • Kelelahan fisik
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti suntik, pil, atau implan
Oleh karena itu, disarankan agar Anda melakukan pola hidup sehat untuk menjaga keseimbangan hormon, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, tidak begadang, dan mengendalikan tingkat stres dengan rutin yoga atau meditasi. Dengan hormon yang seimbang, siklus haid akan senantiasa teratur.Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil