14 Oct 2021, 12:15Perut

Mengapa bisa kelebihan dosis obat?

O
Info Penanya: O0
Dok, saya sedang demam dan sudah diberikan obat sesuai dengan aturan minumnya. Namun, kemarin saya minum obat sesuai aturan tapi kenapa saya menjadi muntah muntah? Apakah ini faktor dari kelebihan dosis obat? Apa efek samping dari kelebihan dosis obat? Lalu bagaimana cara mengatasinya dok?
43 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, O.Demam adalah keluhan yang sering dialami setiap orang. Demam bukanlah penyakit namun tanda dari sebuah penyakit yang mendasari. Selain itu, demam juga merupakan tanda bahwa imun tubuh sedang bekerja keras melawan infeksi virus, parasit, bakteri, kuman yang mencoba masuk. Jika imun tubuh baik dan optimal, maka semua penyebab infeksi dapat dicegah masuk ke tubuh dan tidak menimbulkan berbagai penyakit.

Apa yang menyebabkan muntah setelah minum obat ?

Anda sedang demam dan sudah konsumsi obat sesuai dengan aturan minumnya. Namun, setelah Anda konsumsi obat sesuai aturan, Anda menjadi muntah. Terkait pertanyaan Anda, apakah ini faktor dari kelebihan dosis obat ? Jawabanya bisa jika obat yang diminum tidak sesuai dosis yang dianjurkan.

Efek samping kelebihan dosis obat

Efek samping kelebihan dosis obat tergantung dari jenis obat dan berapa banyak obat yang Anda minum. Selain mual, muntah, Anda juga dapat merasakan nyeri perut, keringat dingin, bahkan penurunan kesadaran. Muntah yang Anda alami bisa karena kelebihan dosis obat, obat yang memicu asam lambung, maag yang kambuh karena faktor lain seperti stress, telat makan, makan pedas, asam, kopi dan soda.

Bagaimana cara mengatasi muntah setelah minum obat ?

Cara mengatasi muntah setelah minum obat antara lain :
  • Pastikan obat dalam keadaan baik dan konsumsi obat sesuai anjuran dokter.
  • Imbangi dengan makan teratur.
  • Hindari pemicu maag.
  • Minum obat maag jika perlu.
  • Minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
Jika Anda tetap muntah bahkan badan menjadi lemas, segera periksa ke dokter penyakit dalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
muntahalergi obatminum obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil