23 Sep 2021, 01:02Kandungan

Apakah seks anal bisa menyebabkan kehamilan dan kenapa belum haid?

AM
Info Penanya: AM0
Selamat malam dok, 1.Apakah seks anal dapat menyebabkan kehamilan ? 2.jika tgl 15 bulan agustus hari pertama menstruasi maka tanggal berapa seharusnya di bulan depannya menstruasi lagi ? Apakah telat seminggu lebih haid itu normal dok ?
169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaan AndaSeks anal adalah kegiatan seksual dengan melakukan penetrasi penis ke dalam anus. Kehamilan bisa terjadi bila ada sperma yang masuk ke dalam vagina wanita dan berhasil membuahi sel telur. Apabila saat melakukan seks anal dipastikan tidak ada sel sperma yang masuk ke dalam vagina, maka seks anal ini tidak menyebabkan kehamilan. Meskipun demikian, melakukan seks anal bisa berisiko terjadi infeksi.Siklus haid wanita terjadi sekitar 21 - 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid pada bulan lalu sampai dengan hari pertama Anda mengalami haid kembali pada periode berikutnya. Karena dihitung berdasarkan jumlah hari, maka wajar bila siklus haid terjadi tidak selalu di tanggal yang sama setiap bulannya. Hal ini terjadi karena setiap bulan mempunyai jumlah hari yang berebeda.

Kondisi yang bisa menyebabkan terlambat haid pada wanita yaitu:

  • Stres, cemas, depresi 
  • Gangguan hormon
  • Perubahan berat badan 
  • Adanya infeksi atau penyakit pada organ reproduksi
  • PCOS
  • Kelelahan 
  • Efek penggunaan obat tertentu atauun pemakaian KB
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, terlambat haid hingga kurang lebih 3 hari dari biasanya masih dikatakan normal, namun bila lebih dari itu bisa terjadi karena pengaruh faktor di atas. Sedangkan, kapan Anda haid kembali pada bulan ini, maka tergantung dari siklus haid Anda sehingga jika Anda tidak menyebutkan siklus haid Anda, maka tidak bisa ditentukan kapan Anda haid pada periode berikutnya.Konsumsi makanan bergizi, jaga kebersihan area kewanitaan, hindari kelelahan, atasi stres, berolahraga ringan dengan rutin, dan terapkan gaya hidup bersih dan sehat agar haid kembali lancar. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan bersama dokter spesialis kandungan jika keluhan ini belum membaik.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidsekshubungan seksualhamilgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil