Mengapa Bekas Operasi Usus Buntu Masih Teras Sakit ?

SM Info Penanya: SM
Istri saya pasca operasi usus buntu sering mengeluh sakit dibagian jahitan, terasa panas. Kenapa ya dok? Apa ya hrs kami lakukan. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SM,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Luka bekas operasi dilakukan penjahitan luka karena sayatan yang dilakukan cukup dalam. Penjahitan luka akan mempercepat proses penyembuhan luka itu sendiri. Namun jika  luka jahitan ini tidak diberi pengobatan dan perawatan dengan tepat akan menimbulkan infeksi.

Ada beberapa hal yang dapat menghambat proses penyembuhan luka, di antaranya :

  1. Infeksi
  2. Malnutrisi 
  3. Diabetes Mellitus atau kencing manis
  4. Merokok
  5. Usia lanjut
  6. Kondisi luka itu sendiri (luka  yang besar tentu membutuhkan masa penyembuhan lebih lama daripadanya luka kecil).

Adanya infeksi pada luka bekas operasi biasanya luka tersebut akan kemerahan, terasa nyeri, terasa panas, mengeluarkan darah disertai nanah, dan mengeluarkan bau tidak sedap. Jika pada bekas luka operasi istri Anda terdapat keluhan seperti itu, sebaiknya segera konsultasi ke dokter spesialis bedah Anda untuk mendapat perawatan lebih lanjut sebelum terlambat.

Berikut ini saya lampirkan artikel Tanda Infeksi Luka Pada Penderita Diabetes , Infeksi Luka Operasi , dan Proses Penyembuhan Luka untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi SWL (Shock Wave Lithotripsy) dianggap paling efektif dalam menghancurkan batu ginjal

4 Jenis Operasi Batu Ginjal yang Bisa Anda Jalani

Operasi batu ginjal seringkali diperlukan pada kasus batu ginjal berukuran besar atau mengganggu fungsi tubuh lainnya. Ada empat pilihan operasi batu ginjal yang dapat diambil, operasi yang efektif menghancurkan batu ginjal berukuran kecil dan paling sering dilakukan adalah Shock Wave Lithotripsy (SWL).