Mengapa batuk saya tidak kunjung sembuh?

VG Info Penanya: VG, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, batuk saya tak kunjung sembuh, sudah berbagai obat saya minum tapi hasilnya kurang memuaskan,batuk yg saya alami terkadang berdahak terkadang kering dan sering terjadi pada malam hari, apa yg harus saya lakukan dan obat apa yg cocok untuk saya konsumsi? Mohon bantuannya dokter Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, VG

Terima kasih atas pertanyaannya. Ada beberapa alasan batuk yang tak kunjung sembuh, beberapa diantaranya

Iritasi saluran nafas setelah influenza

Penyebab paling sering batuk kronis, adalah setelah anda flu atau terkena infeksi virus lainnya. Gejala flu biasanya hilang dalam beberapa hari. Sedangkan batuknya bisa bertahan beberapa minggu. Virus mengakibatkan saluran nafas anda menjadi bengkak dan sensitif. Walaupun virusnya sudah tidak ada tapi reaksinya tidak langsung hilang.

Adanya kondisi klinis yang belum teratasi.

Alergi dan asma dapat menyebabkan batuk. Influenza juga dapat mengakibatkan kambuhnya serangan asma.

Refluks asam lambung menyebabkan batuk dan gejala lain seperti :

- sendawa

- dada terasa panas

- regurgitasi

Sleep apnea juga dapat menyebabkan batuk ditambah gejala lain seperti :

- insomnia

- mengorok 

- tersedak atau tercekik di malam hari

- sering terbangun di malam hari

- mengantuk di siang hari

Faktor Stres

Stres dalam waktu lama akan mempengaruhi daya tahan tubuh. Flu bisa berlangsung lebih lama. Begitu pula dengan batuknya. Minimal usahakan tidur 7-8 jam

Kurang Minum

Perbanyak asupan cairan saat flu, selain air putih bisa juga jus dan sup untuk mencairkan lendir di saluran nafas agar mudah dibatukkan. Hindari minuman yang mengakibatkan dehidrasi seperti kopi dan alkohol.

Efek Samping Obat

Bila anda menggunakan semprotan untuk hidung tersumbat, batasi penggunaan selama 3 hari saja. Karena setelah penggunaan dihentikan malah akan timbul rebound effect dari batuknya. Akibat penggunaan berlebihan, membran hidung akan membengkak dan mengakibatkan bertambahnya keluhan hidung tersumbat, cairan ingus dan akhirnya batuk kembali.

Udara Terlalu Kering atau Lembab

Udara kering bisa mengiritasi tenggorokan dan mengakibatkan batuk. Udara lembab bisa memancing timbulnya asma dan bertambahnya tungau dan lumut. Keduanya dapat mengakibatkan kambuhnya alergi.

Infeksi Bakteri

Setelah infeksi virus flu, saluran nafas yang radang akan mudah infeksi kembali oleh bakteri. Bakteri bisa menyebabkan sinus, bronkitis dan penumonia. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik bila diperlukan.

Penggunaan Obat Darah Tinggi

Golongan obat ACE Inhibitor seperti kaptopril dapat mengakibatkan efek samping batuk kering yang kronis. Bila diperlukan bisa diresepkan obat lain oleh Dokter.

Tips Mengatasi Batuk Kronis

- banyak minum untuk mengencerkan dahak dan mencegah dehidrasi- minum madu untuk mengurangi gatal di tenggorokan- minuman hangat misalnya teh melati atau teh jahe- bersihkan rumah dari zat yang menyebabkan iritasi seperti parfum, deterjen dan pewangi ruangan. Kalau anda punya alergi bersihkan dari debu, lumut dan serbuk tanaman. Karena reaksi alergi termasuk batuk. Cuci seprai dengan air panas, pel lantai dan lap jendela dengan pelitur.Semoga saran saya bermanfaat.Salam Sehat,dr. Andre Zaini
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung terasa gatal dan bersin terus-menerus saat di kantor merupakan gejala Anda mengalami rhinitis alergi

Pekerjaan Anda Memicu Alergi? Ketahui Cara Mengatasi Alergi dengan Tepat

Ada kalanya seseorang mau tidak mau harus bekerja di lingkungan yang rentan menimbulkan alergi. Jika ini yang terjadi, pastikan tahu cara mengatasi alergi dengan tepat.