Mengapa badan terasa lemas dan tidak bertenaga?

SL Info Penanya: SL
Badan terasa lemas ngga ada tenaga
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bila Anda merasa capek, kurang berenergi dan tidak ada motivasi. Bisa saja tanda umum dari banyak kondisi medis yang ringan sampai dengan serius. Bisa juga akibat pilihan gaya hidup yang kurang berolahraga atau pola makan buruk. Bila tidak membaik dengan istirahat dan nutrisi yang cukup atau Anda khawatir ada gangguan fisik atau psikis sebagai penyebabnya maka Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Beberapa penyebabnya seperti gaya hidup, kondisi kesehatan fisik dan gangguan psikis. Pada faktor gaya hidup setelah olahraga berlebihan, kurang aktivitas fisik, kurang tidur, kegemukan, stres, bosan, berduka, narkotika, minuman keras, terlalu banyak kafein dan kurang gizi.

Beberapa faktor fisik seperti kurang darah, radang sendi, infeksi, gangguan hormon, gangguan tidur, gangguan makan, gagal jantung, kanker, diabetes, penyakit ginjal, penyakit hati, dan gangguan paru-paru. Sedangkan beberapa faktor psikis seperti kecemasan, depresi dan gangguan kepribadian.

Apa saja gaya hidup yang bisa Anda ubah? Misalnya banyak minum, makanan sehat, olahraga teratur, tidur yang cukup, hindari stres, hindari jadwal kerja berlebihan, aktivitas relaksasi dan stop rokok, minuman keras atau narkoba. Lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merasa lemas, penglihatan mengabur, dan pusing merupakan tanda-tanda penurunan kesadaran.

Sering Capek? Cari Tahu Penyebab Badan Lemas

Sering merasa lelah dan badan lemas? Penyebab badan lemas bisa dikarenakan berbagai alasan, seperti anemia, diabetes, hipertiroid, sleep apnea, penyakit celiac, dsb.