Mengapa badan semakin susut/kurus saat semakin tua, padahal rajin olahraga?

AS Info Penanya: AS, Pria, 2019 Tahun
Mengapa ya badanku ini semakin tua semakin kurus/susut,padahal,makan teratur,olah raga pun tiap hari,apa sebab dari susutnya badan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Penyebab badan susut adalah karena proses penuaan. Semakin bertambahnya usia terdapat penurunan hormon-hormon yang mengatur sistem kerja tubuh. Proses penuaan sendiri dibagi menjadi beberapa fase, berdasarkan usia, antara lain:

  • fase subklinis (usia 25-35 tahun): Proses penuaan sudah mulai ditandai adanya penurunan hormon, akan tetapi belum ada perubahan yang mencolok yang dirasakan pasien, begitu juga perubahan penampilan masih dirasakan seperti "tidak ada perubahan".
  • fase transisional ( usia 35-45 tahun): Pada usia ini terjadi penurunan hormon sampai 25%, Terjadi penurunan massa otot sebanyak rata-rata 1kg per 2 tahun, penurunan tenaga dan energi, dan peningkatan lemak tubuh, hilangnya elastisitas kulit, penurunan nafsu seksual, mulai muncul penyakit akibat penuaan (misalnya: mudah lupa, sakit sendi, dll)
  • Fase klinis (diatas usia 45 tahun) : Pada usia ini penurunan hormon berlanjut, penurunan kepadatan tulang, penurunan masa otot semakin cepat sampai 1 kg per 3 tahun, penurunan fungsi organ, dll

Penuaan yang dialami setiap orang sampai saat ini hanya bisa dicegah supaya jangan berlangsung secara cepat.

Yang dapat dilakukan untuk menunda penuaan agar tidak terjadi lebih cepat antara lain :

Olahraga teratur minimal 3x seminggu 30 menit-45 menit , Tidur minimal 8 jam sehari, makan makanan bernutrisi, kurangi stress.

Sehingga sebaiknya lanjutkan gaya hidup sehat agar penuaan bisa lebih tertunda lebih lama.

demikian penjelasan saya,

Salam sehat

dr patricia oktaviani

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita tahap awal, penderita Parkinson bisa menunjukkan ciri-ciri Parkinson berupa wajah tanpa ekspresi

Tremor pada Tangan Bisa Menandakan Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan sistem saraf yang bersifat progresif. Gejalanya berlangsung secara bertahap, mulai dari gangguan gerakan, gangguan koordinasi, gangguan tidur, hingga gangguan buang air kecil. Tremor pada tangan merupakan ciri-ciri Parkinson yang umum dijumpai.