Mengapa anak panas menggigil saat pagi hari disertai kencing berwarna hitam ?

A Info Penanya: A, Wanita
Anak saya umur 5 tahun.kalau pagi menggigil panas kencingnya warna hitam penyakit apa itu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Panas atau demam merupakan keadaan yang sering terjadi pada anak. Keadaan ini terjadi ketika suhu tubuh melebihi 38°C. Pada dasarnya demam adalah proses tubuh memerangi infeksi dan adanya demam menandakan bahwa sistem kekebalan dalam tubuh sedang berfungsi.

Berikut beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya demam :
  • Infeksi virus
  • Infeksi bakteri
  • Kelelahan 
  • Radang sendi
  • Pengobatan tertentu
  • Imunisasi

Terkadang penyebab demam bahkan tidak dapat diidentifikasi, namun umumnya apabila penyebab demam cukup ringan maka demam dapat menghilang dengan sendirinya.

Mengenai keluhan demam pada anak Anda yang disertai dengan adanya kencing berwarna kehitaman atau gelap, mungkin merupakan gejala dari suatu kondisi medis. Urin yang berwarna gelap dapat berupa urin yang diakibatkan kondisi dehidrasi, urin yang bercampur dengan cairan emepedu, urin yang bercampur dengan darah, efek samping obat-obatan tertentu atau konsumsi jenis makanan tertentu. 

Untuk memastikan hal tersebut, sebainya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter Spesialis Anak sehingga segera dapat ditangani dengan tepat. Apabila demam sudah berlangsung lebih dari tiga hari. disertai gejala-gejala seperti muntah berulang, sakit kepala hebat, sakit perut dan anak terlihat lesu, sebaiknya Anda segera membawa anak ke fasilitas kesehatan darurat.

Sementara, sebelum ke dokter, cobalah penurun yang panas alami seperti memberikan minuman jahe hangat atau yang dapat juga dicampur dengan larutan lemon dan madu untuk anak, mengompres bagian dahi leher dan ketiak dengan kompres air biasa dan tidak boleh dengan air dingin, serta suplemen yang mengandung echinacea.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya hati-hati dalam memilih obat untuk mengobati pilek dan flu pada anak

Cara Ampuh Mengobati Pilek dan Flu pada Anak

Meredakan pilek dan flu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan pelembap udara (humidifier) untuk melegakan hidung yang tersumbat.