Mengapa anak flu setelah menghirup baygon?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, anak saya tadi tiba-tiba flu setelah saya menyemprotkan baygon di ruangan untuk membunuh nyamuk. Ini kenapa ya dok? Apa tanda alergi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Baygon adalah salah satu obat semprot yang sering dipakai untuk membunuh serangga seperti nyamuk, kecoa, semut, dll. Obat semprot ini bisa membunuh serangga karena mengandung bahan-bahan kimia seperti Sipermetrin, Imiprotrin, Praletrin, dll.

Perihal kenapa anak Anda mengalami flu setelah Anda menyemprotkan obat pembasmi serangga tersebut, maka bisa saja disebabkan anak Anda menghirup obat semprot tersebut secara berlebihan, sehingga tubuh berusaha merespon bahan-bahan kimia yang masuk tersebut dengan mengeluarkan ingus, agar bahan-bahan kimia yang masuk bisa ikut terbuang saat anak Anda membuang ingus.

Oleh karena mengandung bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya bila dihirup secara berlebihan, maka sebaiknya saat menyemprotkan obat serangga, Anda menggunakan masker, dan hindari berdiam diri di dalam ruangan yang sebelumnya Anda semprot. Setidaknya beri jarak 1 jam setelah disemprot bila Anda ingin masuk ke ruangan tersebut.

Selain mengandalkan obat semprot, Anda juga bisa mencegah serangga atau nyamuk berkembang biak dengan cara :

  • Jaga kebersihan rumah.
  • Tutup tempat sampah dan bak mandi.
  • Lakukan pengurasan bak mandi secara berkala. Dan bisa memberikan bubuk abate untuk membunuh jentik nyamuk.
  • Hindari menggantung baju-baju yang sudah dipakai.

Bila ada gangguan pernapasan, sesak, segera pergi ke area terbuka yang oksigennya banyak, dan atur napas. Bila keluhan sesak berlanjut, maka perlu segera melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan flu dan pilek salah satunya adalah gejala bersin yang jarang terjadi pada penderita flu, tetapi sering terjadi pada penderita pilek

Sering Tertukar, Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Banyak orang salah kaprah menganggap flu dan pilek adalah penyakit yang sama. Dengan mengenali perbedaan flu dan pilek, Anda dapat melakukan penanganan yang tepat.