Mengapa ada orang yang begitu cengeng?

MO Info Penanya: MO, Wanita, 20 Tahun
dok,saya ingin bertanya.Mengapa ada orang yang begitu cengeng? dinasehati saja nangis,disuruh ini itu nangis dan hatinya sensitif sekali.Dia juga mudah terbawa perasaan saat ada orang yang membicarakannya,dia akan memikirkannya semalaman sehingga menambah beban pikirannya.Pokoknya orangnya mudah sekali bersedih dan menangis utk hal2 kecil sekalipun.Apa yg terjadi dok pada orang tersebut dok? dan bagaimana cara mengatasinya? apa penyebabnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MO,

Menangis merupakan salah satu ungkapan perasaan baik itu saat sedih, gembira, takut ataupun mengalami gangguan suasana hati lain seperti depresi atau tertekan. Menangis sendiri sebenarnay memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Membantu melegakan perasaan
  • Mengurangi sakit hati, emosi ataupun stres
  • Membantu menenangkan diri dan mengatasi kesedihan
  • Meningkatkan penglihatan karena air mata yang keluar dan membantu menjaga kebersihan mata

Meskipun begitu jika terlalu mudah menangispun dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan juga hubungan sosial. Perlu dihindari dan dikendalikan apa yang menjadi pemicu menangis, upayakan untuk menahan menangis dengan salah satunya tidak menangis di tempat umum, mengendalikan perasaan, ataupun juga melakukan konsultasi pada psikolog ataupun dokter psikiatri apabila kesulitan mengatasi gangguan suasana hati agar dilakukan pemeriksaan dan evaluasi untuk membantu mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.