16 Jun 2021, 08:30Penyakit Lainnya

Banyak tidur kenapa masih mengantuk dan lemas?

HD
Info Penanya: HD0
Dok saya sudah mengatur jam tidur saya dengan baik dan tidur lebih dari 8 jam seperti yang dianjurkan. Kemudian saya menambah durasi jam tidur saya. Akan tetapi kenapa tubuh saya merasa lemas dan masih mengantuk akan tetapi ketika bangun tidak bisa tidur sama sekali. Alhasil seharian saya merasa lemas. Apakah ada hal yang menyebabkan saya seperti ini?
81 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam HDTidur dibutuhkan tubuh untuk mengistirahatkan pancaindera dan organ-organ dalam tubuh. Idealnya durasi tidur yang disarankan adalah 7-9 jam malam hari dan tidak bergadang.

Bahaya Tidur Terlalu Lama

Tetapi bila tidur berlebihan (oversleeping) justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Oversleeping menyebabkan rasa mengantuk dan lemas sepanjang hari. Selain tiu juga bisa meningkatkan resiko:

Pola Tidur Yang Baik

Kemudian tidur siang terlalu lama juga tidak baik yang juga menyebabkan anda lemas dan sulit tidur pada malam hari. Bila anda merasa mengantuk disiang hari, anda cukup melakukan power nap selama 15-20 menit saja atau melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Dengan begitu anda akan bisa tidur nyenyak malam hari.Karena itu perbaikilah siklus tidur anda dengan baik dan tingkatkan aktivitas fisik. Selain itu terapkanlah pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, rajin olahraga secara teratur dan mengatasi stres yang ada. Apabila anda memiliki kesulitan untuk tidur maka konsultasilah ke dokter psikiater untuk menaggulangi permasalahan anda.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
tidurwaktu tidurmasalah tidurtidur siang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil