Mengalami perut agak membesar,dan tiba-tiba saat tidur pipis di tempat tidur.

YS Info Penanya: YS, Wanita, 45 Tahun
Halo dok,putri saya mengalami perut agak membesar,tapi tiba2 saat tidur dia pipis di twmpat tidur,tapi pipisnya itu tidak pesing,kejadian perut mwmbesar ini berulang tapi kata putri saya setelah cairan di peeutnya pecah,perutnya kempes lagi,kira 2 kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, YS

Terima kasih telah bertanya di aplikasi sehatQ,

Perut membesar dan berisi cairan dalam bahasa medis disebut asites. Asites adalah penumpukan cairan di dalam rongga perut secara berlebihan. Normalnya di dalam rongga perut hanya sedikit cairan yang anda. Biasanya asites terjadi bila ada suatu masalah atau gangguan pada organ jantung, hati, dan ginjal. Asites bisa menyebabkan keluhan mual, muntah, berat badan meningkat, nafsu makan menurun, lemas dan bahkan sampai sesak hebat.

Asites disebabkan oleh pembentukan jaringan parut organ hati. Kondisi ini meningkatkan tekanan di dalam pembuluh darah organ hati (hipertensi porta). Tekanan yang meningkat dapat mendesak cairan masuk ke rongga perut dan menyebabkan asites.

Penyebab kerusakan pada hati yaitu:

  • Penyakit hati seperti sirosis, kanker hati, bengkak hati, dan infeksi hati.
  • Gagal jantung, infeksi pada jantung, dan kelainan katup jantung.
  • Gagal ginjal.

Saya menyarankan agar putri Anda untuk tidak mengonsumsi minuman berelektrolit, kurangi minum air putih, istirahat yang teratur, kurangi aktifitas fisik dan segera  periksa langsung ke dokter Spesialis Penyakit Dalam agar mengetahui penyebab pasti dari keluhan asites yang putri Anda alami sehingga bisa diobati atau diterapi secara tepat.

Semoga bermanfaat

Salam Sehat,

 

dr. Anugerah

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi perut kembung pada lansia mempunyai banyak faktor pemicu

Hati-Hati, Gangguan Hati dapat Menjadi Penyebab Perut Kembung

Perut kembung pada lansia ternyata bisa menjadi penyebab adanya gangguan hati. Penyebabnya adalah penumpukan cairan di perut, pembesaran organ hati bahkan kanker hati.