Mengalami perubahan mood

N Info Penanya: N, Pria, 28 Tahun
Selamat malam dok, kenalkan nama saya nasheer umur 28 tahun, saya sedari kecil sudah sering trauma dan stress karena masalah keluarga,ditambah lagi sejak kecil saya sdh kecanduan dengan onani karena pergaulan, dari kecil saya juga sering sakit sakitan, maka tahun 2006 saya putuskan sekolah keluar daerah, nah selama sekolah dilur daerah mental saya lumayan bangkit dari depresi dan stress dan kecanduan itupun mulai hilang, tapi setelah tamat daru sekolah dan kembali lagi ke kampung, kecanduan itu kumat lagi, dan puncaknya 2015 saya mengalami "perubahn mood" Secara tiba2 untuk pertama kalinya, nah sejak saat itu saya mulai cemas dan tersipu malu jika berbicara dengan orang lain, jarang menatap mata lawan bicara, jika lawan bicara menanyakan sesuatu yang berat maka saya mulai berkeringat dan pucat, dan ini terjadi hingga sekarang, saya sdh minta pertolongan pada hipnotherapis, tetapi tampaknya ia kurang berpengalaman, ini sdh merusak prestasi dan pekerjaan saya, saya sdh seperti orang hilang arah sekarang, mohon sarannya???!!!
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Gangguan psikis yang Anda alami jika sampai merusak prestasi dan pekerjaan maka perlu untuk meminta bantuan pada profesional seperti dokter ahli kejiwaan atau psikiater agar dilakukan evaluasi dengan wawancara psikiatrik agar diketahui kondisi yang Anda alami dan dilakukan penangan baik dilakukan konseling dan terapi ataupun pemberian obat jika diperlukan.

Apabila perubahan mood atau suasana perasaan terjadi dengan cepat dan tiba-tiba serta sering terjadi maka perlu menjadi perhatian lebih karena dapat menunjukan adanya gangguan suasana perasaan.

Rasa cemas dan gugup sendiri bisa timbul akibat beberapa faktor seperti adanya gangguan aktivitas hormonal di otak, dipicu faktor genetik, faktor lingkungan seperti pola asuh saat kecil, respon dari lingkungan, perilaku di situasi sosial dan lainnya.

Untuk itu segera periksakan diri Anda pada psikiater dan juga berbagi cerita pada orang yang Anda percaya atau orang terdekat agar juga diberikan dukungan untuk mengatasi apa yang sedang Anda alami. Semog bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh N
18 Sep 2019, 06:00
Terima kasih banyak atas jawabannya Dok

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hormon kortisol adalah hormon yang berkaitan dengan respons tubuh saat menghadapi stres

Hormon Kortisol atau Hormon Stres: Definisi, Fungsi, dan Cara Mengendalikannya

Hormon kortisol, atau hormon stres, sebenarnya memainkan peranan penting untuk tubuh. Hanya saja, apabila hormon ini berlebihan, dapat menjadi berbahaya. Bagaimana cara mengendalikan hormon kortisol?