Mengalami peradangan setelah memakai masker bawang putih

SC Info Penanya: SC, Wanita, 2019 Tahun
Muka saya ini sedang mengalami peradangan karna kemaren saya memakai masker bawang putih yg sdh di haluskan setelah itu saya merasa panas di area muka dan saya tetap membiarkannya sekitar 15 menit tapi setelah saya bilas muka saya langsung memerah dan yang awalnya muka saya tidak terlalu banyak merahnya sekarang malah tambah parah,terus itu gimana cara mengatasinya ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SC,

Masker bawang putih dipercaya dapat bermanfaat seperti salah satunya membasmi kutil karena zat allicin yang terkandung di bawang putih tetapi bawang putih juga bisa memicu iritasi dan peradangan pada kulit atau disebut dengan dermatitis kontak yang ditandai dengan rasa perih, gatal, kemerahan, rasa baal pada wajah dimana perlu untuk segera dihentikan penggunanya dan segera basuh dengan air.

Iritasi dapat menetap dalam beberapa waktu dimana sebaiknya dilakukan pemeriksaan oleh dokter agar diberikan obat atau salep untuk meredakan iritasi yang timbul salah satunya dengan pemberian salep anti peradangan dan yang utama adalah hindari paparan dengan pencetusnya lagi. Jaga kebersihan kulit yang teriritasi agar tidak menimbulkan infeksi. Gunakan pelembap dan hindari paparan dengan sinar matahari langsung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pahami cara kerja dan efek samping suntik botox, sebelum Anda memilihnya

Mengetahui Cara Kerja Suntik Botox dan Efek Sampingnya

Suntik botox telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Cara kerja suntik botox adalah memblokir atau mencegah sinyal dari saraf untuk dialihkan ke otot. Efek samping botox yang dapat dirasakan adalah memar hingga penurunan kelopak mata.