Mengalami keguguran dan di kuret, kapan dapat hamil lagi?

A Info Penanya: A, Wanita, 25 Tahun
Dok, sebulan yang lalu saya mengalami keguguran di usia kandungan 9 minggu dan di kuret. berapa lama setelah kuret tsb dapat hamil lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Pasca keguguran tidak ada patokan khusus kapan boleh hamil kembali dimana beberapa mitos mengatakan perlu menunggu hingga 6 bulan - 1 tahun. Para ahli menyarankan agar menunggu kadar serum beta-hCG sampai ke kadar nol atau negatif dengan testpack terlebih dahulu sebelum kembali hamil. Kadar ini dapat turun dalam beberapa minggu atau bulan tetapi perlu waktu lebih lama jika dilakukan kuretase agar rahim dapat kembali pulih setelahnya.

Untuk bisa hamil paska keguguran nantinya dapat diperhatikan beberapa hal seperti hindari stres, tidak perlu merasa harus segera hamil kembali, terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesuburan, rutin berolahraga, batasi kafein, hindari paparan asap rokok, dan juga melakukan kontrol pada dokter untuk memastikan siap untuk kembali hamil. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandungan lemah dapat menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran pada trimester kedua dan ketiga

Memahami Kandungan Lemah, Pemicu Keguguran Hingga Kelahiran Prematur

Setidaknya 25% keguguran pada trimester kedua dan ketiga terjadi akibat kandungan lemah. Bila sejak awal terdeteksi memiliki kandungan lemah, sebaiknya lakukan USG secara berkala untuk menghindari keguguran.