09 Jun 2020, 12:19Kandungan

Keputihan coklat satu minggu setelah haid, karena apa ?

H
Info Penanya: H, Wanita0
Assalamualaikum dok, Saya mau bertanya dok, umur saya 17 th mendekati 18th, tgl 22 mei yg lalu saya haid terus berhenti tgl 28mei. 1 minggu setelah itu saya mengalami keputihan berwarna coklat disertai sedikit gumpalan. Itu kenapa ya dok?
42419 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, Waalaikumusalam H.Keputihan ialah cairan vagina yang memiliki fungsi melembapkan, membersihkan, dan melindungi vagina dari iritasi maupun infeksi. Secara alami, keputihan normal berwarna bening atau putih dan memiliki konsistensi yang lengket atau berair, hal tersebut tergantung kepada siklus menstruasi.

Adapun tipe keputihan pada fase-fase siklus menstruasi yang meliputi :

  • saat ovulasi : berwarna bening, dengan konsistensi agak cair, tetapi elastis
  • setelah ovulasi : berwarna putih, berkonsistensi tebal dan lengket
  • sebelum menstruasi : berwarna putih kekungingan
  • setelah menstruasi : berwarna kecoklatan karena bercampur dengan sisa darah haid pada vagina
Mengenai keluhan keputihan berwarna coklat yang Anda alami seminggu setelah haid, apabila tidak disertai gejala lainnya seperti nyeri atau gatal, umumnya masih dalam batas normal dan disebabkan oleh sisa-sisa darah pada vagina saat haid yanng belum sepenuhnya bersih. Biasanya keadaan tersebut akan dengan sendiri nya berubah menjadi bening atau putih kembali seiring dengan habisnya sisa darah vagina.Namun, jika keluhan berkelanjutan keadaan tersebut mungkin berupa bercak darah diluar haid atau yang dikenal dengan metroragia atau jika disertai dengan gejala lainnya, makan bisa juga berupa keputihan abnormal karena infeksi. Untuk memastikannya, apabila seminggu kedepan tidak kunjung menghilang dengan sendirinya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.Sementara ini, hindarilah keadaan lembap dengan senantiasa mengganti pakaian dalam dengan lebih sering, hindari penggunaan pembersih vagina yang dijual bebas di pasaran karena dapat mengganggu flora normal vagina dan konsumsilah sumber probiotik untuk memaksimalkan kerja flora normal di daerah vagina.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
keputihangangguan menstruasiflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil