Masuk angin atau gejala sakit maag ?

C Info Penanya: C
Sore, Dok. Dua hari yang lalu saya melakukan diet dengan makan satu kali sehari dan besok harinya saya makan dengan normal, 3x sehari dan segelas kopi. Kemarin malam saya juga sempat keluar rumah dengan menggunakan motor dan pagi ini saya merasakan kalau perut saya mual, rasanya ingin munta dan badan saya lemas. Apakah saya masuk angin atau saya terkena gejala sakit maag?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, C.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Masuk angin adalah istilah yang banyak dikenal di masyarakat untuk  gejala tidak enak badan, pegal-pegal hingga kembung. Pada dasarnya dalam dunia kedokteran istilah masuk angin ini tidak ada, dan umumnya diidentikan dengan sekumpulan gejala sindroma dispepsia. Namun, ternyata masih banyak kondisi lainnya yang mungkin dianggap sebagia masuk angin.

Berikut beberapa kondisi medis yang gejalanya diidentikan dengan masuk angin :

  • gangguan pencernaan berupa :
    • gastritis
    • GERD
    • irritable bowel syndrome (IBS)
  • influenza atau flu
  • pilek atau salesma (common cold)
  • sinusitis
  • sakit tenggorokan

Terkait dengan keluhan mual dan lemas yang Anda rasakan, kemungkinan terjadai karena gangguan pencernaan yang terjadi dari pengaturan diet Anda yang mungkin masih kurang tepat. Sebaiknya tetap makan 2 atau 3 kali sehari, tetapi porsi kahbohidratnya dikurangi dan diganti dengan sayuran. Serta diselingi cemilan yang sehat seperti buah yang tidak terlalu manis dan kacang-kacangan.

Berikut saya sertakan artikel "cara pengaturan diet yang lebih sehat" sebagai informasi tambahan.

Untuk keluhan pencernaan yang Anda dalami, cobalah untuk mengonsumsi air rebusan jahe selagi hangat dan dapat diberi sedikit madu untuk mengatasi mual yang dirasaan.

Apabila keluhan berlanjut, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebab dari keluhan yang dialami.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Langsing dengan jahe bisa dilakukan dan cukup aman dikonsumsi banyak orang

Diet Jahe, Bisa Tekan Nafsu Makan dan Kenyang Lebih Lama

Anda mungkin tertarik mencoba diet jahe untuk menurunkan berat badan. Jahe untuk diet bisa mengurangi lingkar perut hingga berat badan, tapi tentu perlu olahraga dan gaya hidup sehat.