Mengalami flek darah padahal rahim sudah bersih dari sisa jaringan keguguran

JT Info Penanya: JT, Wanita, 20 Tahun
Halo Dok saya mengalami flek darah berwarna merah dan coklat. Padahal 2 hari sebelumnya saya sudah bersih dari sisa jaringan janin di rahim saya setelah di USG. Saya juga tidak mengalami kram ataupun sakit pada area perut. Pertanda apa itu dok? 2 minggu yang lalu saya mengalami keguguran dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JT,

Flek darah setelah keguguran bisa disebabkan oleh perdarahan nifas, kondisi ini bisa terjadi seperti setelah melahirkan untuk proses pemulihan rahim. Tapi jika flek berlangsung lebih dari 2 minggu, sebaiknya diperiksakan kembali pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan apa yang jadi penyebabnya.

Selain karena nifas, flek darah juga bisa timbul karena penyebab lain seperti:

  • Adanya gangguan reproduksi seperti polip
  • Endometriosis
  • Kista
  • Peradangan vagina
  • Masalah hormonal

Tidak perlu panik atau cemas mengenai kondisi yang timbul. Apabila berencana kembali hamil sebaiknya bisa dimulai ketika rahim telah pulih. Tidak ada pedoman khusus kapan kembali bisa hamil setelah keguguran, tapi ada baiknya bisa menunda hingga 3 bulan atau 3 siklus menstruasi terlebih dahulu sebelum kembali hamil.

Upayakan tetap menjaga keseharian seperti menjaga pola istirahat, kelola stres dengan baik, hindari aktivitas berat, memeriksakan diri secara berkala atau bisa dilakukan pemeriksaan kondisi kandungan dan panel infeksi apakah ada yang jadi pemicu keguguran sebelumnya, bisa juga dilakukan pemeriksaan analisa sperma pada suami untuk mengetahui kualitas sperma. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos makanan penyebab keguguran adalah nanas karena kandungan bromelain dapat membuat serviks melunak

Mitos Makanan Penyebab Keguguran, Aman Asal Tak Berlebihan

Ada banyak mitos makanan penyebab keguguran, padahal tidak ada hubungan makanan dengan efek menggugurkan kandungan.