Mengalami fisura ani

DR Info Penanya: DR, Pria, 2019 Tahun
Sore dok saya mau tanya , saya mengalami fisura ani, Saya belum BAB lagi selama 2 hari karena takut berdarah dan sakit hebat karena tinja yg besar, apakah saya boleh minum obat pelancar BAB seperti DULCOLAX Supaya kotoran yg keluar menjadi cair ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DR,

Fisura ani merupakan adanya robekan atau luka pada dinding saluran anus yang dapat disebabkan oleh bab yang keras, diare berkepanjangan, kehamilan atau proses persalinan, radang usus ataupun gangguan otot anus.

Gejalanya dapat menimbulkan buang air besar berdarah, terasa nyeri saat buang air besar, adanya benjolan di area anus, atau terasa perih terbakar setelah bab. Penanganan fisura sendiri dilakukan dengan mengatasi penyebabnya, mencegah sembelit, konsumsi lebih banyak serat, banyak minum air putih, selain itu juga bisa menggunakan obat yang diberikan dokter seperti krim antinyeri, krim untuk membantu mengendurkan lubang anus ataupun juga pencahar jika penyebabnya adalah sembelit dan konsumsi obat pencahar sesuai anjuran.

Keluhan yang timbul memang bisa menimbulkan trauma dan ketakutan untuk buang air tetapi perlu diatasi karena menahan keinginan buang air besar dapat memicu terjadinya sembelit dan tinja yang mengeras. Untuk itu hindari menunda buang air besar. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.