12 Oct 2021, 19:39Kulit & Kelamin

Mengaapa setelah berhubungan intim langsung kencing?

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, kenapa ya setiap kali sehabis berhubungan intim saya langsung ingin pipis. Apakah kondisi ini berbahaya atau wajar? Apa boleh dok setelah berhubungan intim langsung kencing? Apakah spermanya tidak ikut keluar? Adakah efek samping dari setelah berhubungan intim langsung kencing?
83 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Berhubungan intim adalah aktivitas seksual yang melibatkan otot, saraf serta organ reproduksi.  Pada wanita aktivitas ini dapat memicu terjadinya beberapa kondisi termasuk rasa ingin buang air kecil setelah berhubungan intim.   

Penyebab setelah berhubungan intim langsung kencing :

  • Penegangan pada kandung kemih akibat aktivitas penetrasi. 
  • Kontraksi rahim saat wanita orgasme dapat menekan kandung kemih. 
  • Infeksi saluran kemih.  
Berhubungan intim adalah aktivitas yang memiliki risiko terjadinya infeksi saluran kemih.  Hal ini karena saat penetrasi ada bakteri yang masuk di vagina maka akan menyebar ke saluran kencing lalu masuk ke kandung kemih dan terjadilah infeksi saluran kemih.  Dengan melakukan buang air kecil setelah berhubungan intim sudah menjadi tindakan pencegahan karena dapat mengeluarkan bakteri dari saluran kemih saat kencing.  Jadi sebenarnya buang air kecil setelah berhubungan malah bermanfaat dalam mencegah infeksi pada saluran kemih.  Tenang saja sperma tidak akan ikut keluar karena saluran urin dan liang vagina itu berbeda jadi dengan kencing tidak mempengaruhi masuknya sperma ke rahim.  Selama buang air kecil setelah hubungan intim tidak disertai nyeri saat buang air kecil, buang air kecil menjadi lebih sering, atau rasa seperti tidak tuntas maka tidak perlu khawatir dan tidak efek samping kencing setelah hubungan intim.  Periksa ke dokter spesialis urologi jika ada keluhan saat berkemih yang terjadi terus menerus walaupun tidak setelah berhubungan intim.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
hubungan seksualinfeksi saluran kemihkandung kemihsperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil