07 Oct 2020, 02:53Kandungan

Siklus menstruasi berubah, kapan tes kehamilan?

HY
Info Penanya: HY0
Saya mau tanya Dok, biasanya siklus menstruasi saya selalu 28 hari,, tp dr bulan kemarin sampai hari ke 33 baru menstruasi sampai saya sempat sedikit berharap bakal hamil. Yg ingin saya tanyakan adalah utk bulan ini siklua menstruasi saya yg dijadikan patokan apa yg 28 hari seperti biasanya atau yg 33 hari kaya bulan kemarin Dok? Serta kapan waktu yg tepat dr tgl Haid baru bisa Tes kehamilan? Terima kasih jawabannya
422 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, HTerima kasih atas pertanyaan AndaMenstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina akibat adanya peran homon dan peran organ reproduksi yang rutin terjadi pada wanita.  Siklus menstruasi normal berkisar 21 hari - 35 hari, dengan rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda hal ini karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi wanita selain kehamilan adalah:

  • Faktor psikologis, stres, kecemasan
  • Keleahan, olahraga yang berlebihan
  • Efek samping dari konsumsi obat tertentu, termasuk dalam penggunaan alat kontrasepsi hormonal (KB)
  • Masalah hormon, seperti pada penderita sindrom polikistik ovarium (PCOS), penyakit tiroid
  • Adanya kondisi kesehatan medis lain terkait dengan organ reproduksi wanita
Terkait dengan pertanyaan Anda, siklus haid pada wanita masih dikatakan normal bila lebih cepat atau terlambat kurang lebih 5 hari dari siklusnya. Jika Anda bersiklus 28 hari, kemudian pada periode berikutnya bersiklus 33 hari, maka masih terhitung normal. Beberapa kemungkinan penyebabnya bisa karena salah satu faktor yang telah tersebut di atas. Untuk melakukan tes kehamilan, pada perinsipnya alat tes pack mendeteksi hormon HCG. Hormon HCG ini bisa dideteksi pada urin sekitar 12 - 14 hari setelah proses pembuahan. Jika Anda terlambat menstruasi dan melakukan tes kehamilan namun hasilnya samar, Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang menggunakan cara yang benar dengan jeda  7 hari kemudian. Selain itu, untuk memastikan ada / tidaknya kehamilan Anda juga bisa melakukan pemeriksaan USG kehamilan kepada dokter spesialis kandungan terdekat.Usahakan agar Anda tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak sayur dan buah buahan, atasi stres, istirahat cukup agar badan Anda tetap sehat.  Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidtes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil