Cairan praejakulasi apakah dapat menyebabkan kehamilan?

GC Info Penanya: GC, Pria, 1 Tahun
Menempelkan penis ke rambut kemaluan wanita, tetapi bukan tepat di lubang vaginanya dan tidak sampai terjadi ejakulasi, mungkin hanya cairan pra ejakulasi. Apakah bisa terjadi kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi GC,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Cairan praejakulasi merupakan cairan yang keluar sebelum sperma adalah cairan praejakulasi. Cairan yang keluar ini jumlahnya lebih sedikit daripada cairan sperma. Dan tidak mengandung sperma di dalamnya namun, terkadang ada sperma yang sudah ada dalam cairan praejakulasi.

Fungsi cairan praejakulasi ini sama seperti cairan yang diproduksi oleh vagina, saat berhubungan seksual, yakni menjadi pelumas yang diproduksi oleh kelenjar di dalam penis. Cairan ini diproduksi sebelum ejakulasi terjadi.

Berbeda dari ejakulasi, cairan praejakulasi ini tidak bisa di kontrol waktu saat keluarnya. Cairan praejakulasi ini akan keluar dengan sendirinya, tanpa disadari.

Jadi jika Anda dan pasangan melakukan hubungan kemudian secara tidak sadar keluar cairan praejakulasi, masih saja ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Jika memang Anda dan pasangan belum merencanakan kehamilan sebaiknya menggunakan beberapa metode kontrasepsi berupa kondom, pil KB atau metode kontrasepsi lainnya. Untuk mencegah dan menurunkan risiko kehamilan yang tidak diinginkan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut,  Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara meningkatkan sperma dapat melalui asupan makanan

Cara Meningkatkan Sperma dengan Makanan, Apa Saja Daftarnya?

Selain meningkatkan jumlah sperma, 13 makanan ini menyehatkan dan mengembalikan kesuburan pria. Cara meningkatkan sperma dengan asupan makanan ini baik untuk diikuti.