Menelan sperma, apakah bisa menyebabkan kehamilan ?

UN Info Penanya: UN, Pria
Saya baru mengenal seks, dan saya sempat menelan sperma . Tapi saya langsung telat haid, apakah menelan sperma bisa mengakibatkan hamil? Knp bulan ini saya belum haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, UN.

Kehamilan terjadi jika adanya pembuahan sel telur oleh sel sperma yang masuk ke saluran reproduksi wanita saat melakukan hubungan seksual (penetrasi penis secara lansung ke dalam vagina). Saluran pencernaan dan saluran reproduksi merupakan dua organ yang berbeda, saat melakukan oral sex dimana sperma yang tertelan oleh wanita ke dalam saluran pencernaan, mengakibatkan sel sperma tidak akan bertemu dan membuahi sel telur sehingga kehamilan pun tidak akan terjadi.

Keluhan haid yang tidak lancar, selain hamil penyebab lainnya antara lain :

  • Fungsi hormon terganggu, haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.
  • Kelainan Sistemik, tubuh sangat gemuk atau kurus dapat mempengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik, atau wanita yang menderita penyakit diabetes, juga akan mempengaruhi sistem metabolisme sehingga siklus haidnya pun tak teratur.
  • Stress, stress akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh, karena stress, wanita akan menjadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolisme terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.
  • Kelenjar Gondok, terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tidak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipertiroid), yang dapat mengakibatkan sistem hormonal tubuh ikut terganggu.

Beberapa tips yang dapat dilakukan :

- Hindari dan kelola stres

- Olahraga yang cukup

- Konsumsi makanan sehat

- Minum air putih yang cukup

- Istirahat yang cukup dengan tidur 7-8 jam malam hari

- Hindari rokok, asap rokok dan alkohol

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran berwarna hijau kaya akan asam folat seperti brokoli sangat baik untuk ibu hamil

11 Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil yang Paling Dianjurkan

Makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil sangat penting, seperti sayuran berwarna hijau yang kaya akan vitamin C, beta karoten, dan aam folat. Kandungan gizi yang baik dapat membantu perkembangan janin, meningkatan berat badan lahir yang sehat, dan mencegah risiko anemia.