06 Jan 2021, 21:24Penyakit Lainnya

Apakah bayi 9 bulan menelan plasik berbahaya bagi tubuh ?

TO
Info Penanya: TO, Wanita, 25 Tahun
Dok mau tanyak barusan anak saya umur 9 bln nelan plastik kecil...apakah itu sangat berbahaya buat si babby dok.. Terima kasih
229 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, T.Anak bayi terlebih dalam fase suka memasukkan apa saja di dalam mulutnya membuat kuman, bakteri, virus ikut tertelan. Bayi atau anak dibawah 3 tahun harus selalu diawasi oleh orang tua, karena anak bisa memakan dan menelan apa saja yang ada di dekatnya, termasuk plastik, koin, bahkan binatang.

Apakah bayi 9 bulan menelan plasik berbahaya bagi tubuh ?

Saat bayi menelan sesuatu termasuk plastik, maka plastik tersebut akan masuk melalui esofagus menuju lambung. Di lambung, semua makanan, minuman, plastik yang tertelan akan dicerna oleh asam lambung. Plastik yang tidak dapat dicerna akan keluar bersamaan dengan feses. Plastik yang mengandung bakteri akan menyebabkan infeksi pada usus dengan gejala nyeri perut, diare, demam, dan mual. Infeksi ini harus ditangani dengan baik oleh dokter.

Apa yang dilakukan jika koin masuk ke saluran nafas anak?

Selain plastik anak bayi juga dapat menelan benda-benda kecil di sekitarnya, termasuk koin, dan kacang. Hal ini sangat berbahaya jika benda tersebut masuk ke saluran nafas membuat anak tidak bisa bernafas. Orang tua tidak boleh panik, harus tetap tenang, pastikan anak dalam keadaan sadar, tepuk punggung anak sebanyak tiga kali dengan posisi kepala lebih rendah dari jantung. Jika anak tetap tidak bisa bernafas, lihat apakah koin atau makanan bisa untuk diambil, jika anak tidak sadar, lakukan kompresi dada hingga koin dan makanan keluar dan anak bernafas spontan.Untuk itu, selalu awasi dan jaga anak kita, jauhkan semua benda-benda kecil yang bisa tertelan. Pastikan lingkungan dalam keadaan aman dan bersih.Jika bayi ibu mengalami diare, nyeri perut, mual, muntah setelah memakan plastik, segera bawa bayi ke dokter spesialis anak.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
diare pada bayisesak napasinfeksi usus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil