Mencukur rambut pubis, berapa lama bisa tumbuh kembali?

DA Info Penanya: DA, Pria, 23 Tahun
Dok saya terlanjur mencukur rambut kemaluan , berapa lama dok supaya tumbuh kembali ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA

Bila Anda mencukur rambut daerah pubis, biasanya dalam beberapa hari sudah akan tampak kembali rambut-rambut halus karena akar dari rambut tersebut masih ada di bawah kulit. Kemudian dalam beberapa minggu akan tumbuh dengan cepat mendekati ke panjang semula sebelum dicukur. Dipengaruhi dari faktor keturunan, stres dan hormonal untuk seberapa cepatnya. Berbeda bila dilakukan waxing yang ikut mencabut akarnya. 

Fungsi dari rambut di daerah pubis sekitar kemaluan adalah untuk melindungi dari infeksi dan gesekan. Sehingga lebih higienis bila tidak dicukur sampai habis karena resiko luka atau rambut yang tumbuh kedalam. Selain itu bisa mengakibatkan radang dari sel rambut dan hiperpigmentasi (bertambah gelap). Bila ada luka maka resiko tertular infeksi herpes dan penyakit lainnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memijat kulit kepala dapat menstimulasi sirkulasi darah untuk merangsang pertumbuhan rambut

Dari 9 Obat Penumbuh Rambut Ini, Mana yang Paling Ampuh?

Tak perlu risau dengan kebotakan karena Anda dapat memilih obat penumbuh rambut, mulai dari yang alami hingga yang kimia. Cara lain, memijat kulit kepala juga melancarkan sirkulasi darah dan mencegah kerontokan rambut.