Mencukur rambut pubis, berapa lama bisa tumbuh kembali?

DA Info Penanya: DA, Pria, 23 Tahun
Dok saya terlanjur mencukur rambut kemaluan , berapa lama dok supaya tumbuh kembali ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA

Bila Anda mencukur rambut daerah pubis, biasanya dalam beberapa hari sudah akan tampak kembali rambut-rambut halus karena akar dari rambut tersebut masih ada di bawah kulit. Kemudian dalam beberapa minggu akan tumbuh dengan cepat mendekati ke panjang semula sebelum dicukur. Dipengaruhi dari faktor keturunan, stres dan hormonal untuk seberapa cepatnya. Berbeda bila dilakukan waxing yang ikut mencabut akarnya. 

Fungsi dari rambut di daerah pubis sekitar kemaluan adalah untuk melindungi dari infeksi dan gesekan. Sehingga lebih higienis bila tidak dicukur sampai habis karena resiko luka atau rambut yang tumbuh kedalam. Selain itu bisa mengakibatkan radang dari sel rambut dan hiperpigmentasi (bertambah gelap). Bila ada luka maka resiko tertular infeksi herpes dan penyakit lainnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Adanya benjolan, rasa gatal, dan pendarahan pada vagina bisa jadi tanda dari kanker vagina

Ciri-Ciri Kanker Vagina: Deteksi Dini dan Pencegahan

Berbeda dari kanker serviks, kanker vagina adalah kanker yang muncul pada bagian saluran yang menghubungkan rahim dengan bagian luar vagina. Ciri-ciri kanker vagina biasanya sulit untuk dideteksi. Namun, seiring makin menyebarnya kanker, ciri-ciri kanker vagina akan makin terlihat.