Bagaimana cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat?

FH Info Penanya: FH, Pria, 19 Tahun
Dok..apakah mencukur bulu kemaluan itu harus rutin dilakukan setiap 40hr sekali ya dok...?Dan kalau mencukur itu alangkah baiknya dicukur sampai habis atau sebagian saja ya dok...?_Trims..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FH,

Mencukur bulu kemaluan menurut medis sendiri tidak diharuskan dan tidak ada batasan khusus harus setiap berapa lama tetapi bisa dilakukan secara teratur misalnya setiap bulan. Mencukur bulu kemaluan sendiri memiliki manfaat higienitas dimana bisa dilakukan juga agar lebih bersih dan juga lebih nyaman saat berhubungan seksual pada mereka yang telah menikah.

Mencukur bulu kemaluan sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara baik dengan menggunting, mencukur dengan alat ataupun mencabutnya. Tidak jarang juga ada yang menggunakan krim penghilang atau perontok bulu tetapi bisa menimbulkan risiko terjadinya iritasi. Beberapa cara ini dapat dilakukan tetapi sifatnya sementara jadi perlu dilakukan secara berkala.

Jika menginginkan hasil yang lebih lama juga bisa dilakukan tindakan waxing dan perawatan laser sehingga bisa menghilangkan bulu lebih lama atau bahkan permanen. Bulu kemaluan sendiri memiliki beberapa fungsi jadi ada baiknya untuk tidak mencukur habis tapi bisa sebagian saja.

Beberapa manfaatnya seperti mencegah iritasi kulit di organ intim, membantu menghindarkan dari infeksi kulit ataupun infeksi rambut kemaluan, dan juga membantu menjaga organ intim dari paparan bakteri ataupun kotoran. Untuk itu perlu dilakukan perawatan agar terhindar dari beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul salah satunya kutu rambut kemaluan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu kemaluan adalah salah satu penyebab rambut kemaluan gatal dan ruam kemerahan, hingga iritasi

Benarkah Kutu Menjadi Penyebab Rambut Kemaluan Gatal?

Kontak seksual menjadi faktor utama penularan kutu kemaluan. Gejala rambut kemaluan gatal adalah ruam, kemerahan, iritasi hingga gatal terutama pada malam hari. Salah satu cara mengatasinya adalah mencuci handuk dengan air panas.