Amankah mencabut gigi yang gingsul?

L Info Penanya: L
Dok, gigi taring bagian bawah saya tumbuh seperti gisul dengan letak nya yg tumbuh di bagian bawah tdk sejajar dengan gigi bawah yg lain. jika saya ingin mencabut gigi taring bawah tersebut apakah aman? ataukah pemakaian behel sdh bisa mengembalikan tata letak gigi taring bawah tsb sesuai letak nya? tolong di notice ya dok, terimakasih☺️ salam??☺️
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Kerapian gigi tentunya diharapkan oleh siapapun, karena selain untuk kebutuhan mengunyah makanan juga sangat berperan penting untuk rasa percaya diri seseorang.

Perihal gigi yang tumbuhnya tidak beraturan maka perlu diperhatikan jumlah gigi dan ruang gusi yang tersisa. Bila ruang gusinya sudah penuh, maka dokter gigi akan melakukan pencabutan gigi terlebih dahulu baru melakukan perawatan menggunakan behel/ kawat gigi agar gigi bisa tersusun rapi selama beberapa waktu tergantung keparahan kondisi giginya. Semakin gigi tidak beraturan, maka akan semakin banyak gigi yang perlu dicabut, dan tindakan ini aman, karena susunan gigi yang tidak rapi seringkali membuat sisa makanan tertinggal dan berakhir dengan gigi berlubang.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk memastikan kondisi gigi Anda, karena perlu dilihat apakah ada gigi yang perlu dicabut dulu atau tidak sebelum pemasangan behel.

Selama pemakaian behel, Anda harus lebih menjaga kebersihan gigi, karena makanan akan semakin mudah menyangkut di kawat gigi. Anda perlu menggosok gigi secara teratur setelah makan dan sebelum tidur dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara berkala.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merawat gigi susu anak penting dilakukan untuk mencegah gigi berlubang dan gigis

Bukan Hal Sepele, Ini Cara Merawat Gigi Susu Anak Agar Tidak Berlubang

Gigi susu anak yang dibiarkan rusak bisa menyebabkan nyeri, rentan infeksi, bahkan bisa berpengaruh pada nafsu makan anak.