Mencabut gigi atas dapat mempengaruhi mata

RA Info Penanya: RA, Wanita
Dok mau nanya dong emang benar mencabut gigi atas itu dapat mempengaruhi mata ya ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Banyak mitos yang berkembang mengenai pencabutan gigi dimana salah satunya adalah efek cabut gigi yang bisa menimbulkan kebutaan pada orang tersebut tetapi hal ini adalah mitos. Dimana persarafan gigi berbeda dengan persarafan mata.

Pencabutan gigi merupakan prosedur medis dimana perlu dilakukan tidak hanya mengatasi gigi berlubang tetapi juga bisa dilakukan untuk memperbaiki susunan gigi yang berantakan, penyakit gusi yang parah, gigi berpotensi terjadi penyebaran infeksi, gigi patah, jumlah gigi yang melebihi normal, faktor ekonomi dimana jika melakukan perawatan lain tidak terjangkau dan lainnya.

Pencabutan gigi akan dilakukan dengan memastikan kondisi gigi dan perawatan apa yang akan dilakukan. Apabila sudah dipastikan akan dicabut dokter akan melakukan premedikasi atau pengobatan jika ada pembengkakan atau infeksi sebelum dilakukan pencabutan. Prosedur pencabutan sendiri dimulai dengan membius area gigi yang akan dicabut, mulai mencabut gigi, dan melakukan perawatan setelahnya baik oleh dokter ataupun perawatan mandiri dirumah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retakan pada gigi dapat membuat lapisan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

4 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Gigi ngilu dapat menghambat aktivitas, terutama saat makan dan minum. Penyebab gigi ngilu, antara lain gigi retak, resesi gusi, abses gigi, dan radang gusi. Keempat gangguan gigi terebut dapat menyebabkan peradangan pada saraf yang memicu rasa ngilu di gigi.