23 Mar 2021, 14:21Penyakit Lainnya

Apakah pembangunan menara BTS berdampak pada kesehatan?

DA
Info Penanya: DA0
Doc mau tanya, di kampung saya akan didirikan menara bts dng ketinggian 65meter di pemukiman warga. Jarak antara menara dan pemukiman sekitar 10-15 meter. Yang saya tanyakan apa saja dampak yg akan dialami warga sekitar. Atas jawabnya saya ucapkan banyak terimaksih ?
111 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaan AndaMenara BTS (Base Transcivier Station) adalah suatu menara atau tower yang merupakan infrastruktur telekomunikasi dan berfungsi untuk memfasilitasi komunikasi nirkabel antar alat komunikasi dan jaringan operator. Pembangunan Menara BTS tentunya harus dilakukan izin terlebih dahulu. Izin yang dilakukan ini bertujuan selain dipastikan sesuai dengan aturan yang berlaku juga tidak membahyakan masyarakat sekitarnya.

Beberapa syarat untuk mendirikan menara BTS diantaranya adalah:

  • Untuk menara BTS dengan tinggi bangunan lebih dari 45 meter memiliki standar jarak aman minimal 30 meter bagi rumah warga, minimal 10 meter area industri serta minimal 15 meter area komersial.
  • Menara BTS yang di dirikan juga harus memenuhi level batas radiasi. Level batas radiasi yang ditetapkan WHO adalah 9 watt/meter persegi untuk perangkat dengan frekuensi 1800 Mhz, dan 4.5 watt/meter persegi untuk perangkat dengan frekuensi 900 Mhz.
  • Pihak pembangun Menara BTS diharapkan memiliki surat izin mendirikan bangunan dan sudah dipertimbangkan segala aspek terkait pembangunan hingga keamanan menara BTS bagi warga sekitar.
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika pembangunan yang dilakukan di wilayah Anda telah disesuaikan dengan aturan serta sesuai dengan level batas radiasi yang diberikan WHO seharusnya tidak memiliki efek samping secara langsung terhadap sesehatan warga sekitar. Namun, perlu dipastikan agar warga sekitar tetap konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, hindari kelelahan, olahraga ringan dengan rutin, minum air cukup, konsumsi sayur dan buah dan lakukan istirahat cukup agar tubuh tetap sehat. Periksa ke dokter apabila mempunyai keluhan kesehatan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
tren kesehatantips kesehatanmenjaga kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil