Setelah melahirkan lalu suntik KB, apa bisa haid lagi?

SZ Info Penanya: SZ
selamat, sore dok. saya mau tanya saya. setelah nifas 40 hri saya lgsg suntik kb yg 3 bln dri bln agustus'19 sampai saat ni bln juli'20 saya belum haid2 jg. itu bahaya tidak dok? saya bisa haid lagi ga ya? usia saya 27 thn. ini pertma x nya saya suntik kb. di lahiran p1 anak sya. sya sampai cek test pack tkt sya hamil lgi ternyata ga negatif.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SZ.

Haid adalah kondisi keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari peluruhan dinding rahim. Idealnya, haid terjadi secara teratur setiap 21-35 hari, kecuali pada kondisi tertentu dimana hormon tubuh berbeda dari biasanya. Seperti misalnya, seperti yang Anda alami, pada pasca persalinan atau menggunakan kontrasepsi hormonal.

Pasca persalinan, organ-organ tubuh wanita yang berubah pada masa kehamilan tidak serta-merta kembali seperti semula. Butuh waktu agar rahim, payudara, serta sistem hormon tubuh kembali ke saat sebelum kehamilan. Oleh karena itu, setelah melahirkan, haid tidak langsung datang.

Begitu pula saat menggunakan kontrasepsi hormonal, yang salah satunya adalah suntik 3 bulan. Hormon yang terkandung di dalam suntik dapat mencegah sel telur untuk dilepaskan, yang pada akhirnya dinding rahim tidak dapat meluruh dan tidak terjadi menstruasi.

Menjawab pertanyaan Anda, Anda bisa saja mengalami haid lagi selama masih dalam rentang usia subur dan belum menopause. Tetapi, kemungkinan besar haid akan datang apabila Anda sudah tidak menggunakan suntik tersebut. Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat beralih ke kontrasepsi non-hormonal seperti kondom atau IUD.

Untuk informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

KB alami dapat menjadi pilihan bagi pasangan yang enggan memakai alat kontrasepsi

KB Alami yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Kehamilan

KB alami adalah salah satu cara untuk mengendalikan kemungkinan kehamilan tanpa melibatkan alat kontrasepsi. Beberapa cara dapat dilakukan untuk menjalani KB alami.