31 May 2021, 13:56Kandungan

Apakah positif hamil jika testpack samar?

DR
Info Penanya: DR0
Dok...saya kan tadi pagi tespek terus hasilnya yang satu jelas terus yang satu ada garis nya cuman samar pas didekat tulisan max apakah itu positif hamil dok??? Sampe sekarang masih bingung saya dok
46 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, DRTerima kasih atas pertanyaannya.Testpack adalah alat tes kehamilan menggunakan urin yang berfungsi melihat adanya hormon kehamilan di urin yang ditandai dengan muncul garis dua pada testpack.  Hasil testpack ini antara garis dua jelas yang berarti positif atau garis satu jelas yang artinya negatif atau testpack masih terlalu awal.  Selain hasil ini, ada pula garis yang kurang jelas atau testpack samar.  Hasil ini memerlukan pengulangan testpack. 

Arti dari testpack yang samar :

  • Ada kehamilan namun hormon kehamilan masih sedikit karena masih sangat awal sehingga tidak cukup untuk membuat garis dua jelas.
  • Tidak ada kehamilan. Garis samar hanyalah penguapan urin karena penggunaan testpack terlalu lama sehingga seolah-olah menunjukkan garis dua.
  • Testpack yang bermasalah seperti rusak atau kadaluarsa.
Jadi jika hasil testpack samar, ulang testpack 10-20 hari lagi untuk memastikannya lagi.  Pastikan penggunaan testpack sesuai anjuran di kemasan, lalu dilakukan saat pagi hari dan menggunakan urin yang keluar pertama kali.  Periksakan ke dokter spesialis kandungan bila setelah diulang testpack tetap samara tau sudah positif jelas dua garis untuk dilakukan USG rahim. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil