Apa penyebab benjolan dipayudara yang mengeras?

DJ Info Penanya: DJ, Wanita, 36 Tahun
Siang dok,mau tanya saya dibagian payudara kanan bagian bawah rasanya keras seperti batu kira2 obt apa yg ccok apa prlu di operasi atau?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DJ.

 

Benjolan di payudara perlu diwaspadai, terlebih jika ukurannya semakin lama bertambah besar, dan menimbulkan rasa nyeri.

Berikut ini merupakan penyebab benjolan di payudara:

  1. FAM (Fibroadenoma mamae). Benjolan yang sering muncul pada wanita usia muda, berupa benjolan kenyal, dan bisa digerak-gerakkan, tanpa menimbulkan rasa nyeri.
  2. Pembesaran kelenjar getah bening. Benjolan akan muncul bila sedang demam atau sedang ada infeksi di dalam tubuh, dan akan menghilang bila infeksi sudah teratasi.
  3. Kista.
  4. Lipoma. Benjolan teraba lunak, kenyal akibat timbunan lemak berlebihan.
  5. Mamae aberans.
  6. Kutil.
  7. Kanker. Benjolan teraba keras, melekat pada dasar payudara, sering menimbulkan keluhan nyeri, pada tahap lanjut bisa menimbulkan perubahan kulit payudara menjadi keriput seperti kulit jeruk, areola mamae (puting) tertarik ke dalam.

Yang dapat Anda lakukan untuk mencegah benjolan tersebut adalah :

  1. Hindari menekan-nekan benjolan.
  2. Kompres benjolan menggunakan air hangat.
  3. Bila benjolan terasa gatal, Anda bisa mengoleskan bedak salisil.

Yang perlu Anda perhatikan adalah apa benjolan semakin besar, ada rasa nyeri atau tidak, benjolan terasa kenyal atau keras, bisa digerakkan atau menempel pada dasar payudara. Anda bisa melakukan pemeriksaan SADARI. Namun sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk memastikan penyebab benjolan Anda.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perubahan payudara saat hamil merupakan persiapan bagi ibu agar bisa menyusui bayi setelah persalinan

Calon Ibu, Sudah Siap dengan Perubahan Payudara Saat Hamil?

Perubahan payudara saat hamil dipengaruhi oleh meningkatnya hormon dan meningkatnya aliran darah ke payudara. Memasuki trimester tiga, payudara ibu hamil akan membesar dan semakin berat, bahkan semakin sering keluar kolostrum dari puting.