Perut dan pinggang sakit setelah 3 hari berhubungan, apakah hamil ?

DP Info Penanya: DP, Wanita, 1820 Tahun
Hallo dok saya umur 21 thn sya sudah menikah pertanyaan saya setelah sma berhbngn dengn suami saya dan suami saya buang di dlm 3 hari kemudian perut syaa skit dan pinggang saya juga skit seperti mau dtang bulan. Apakah bisa hamil dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DP.

Perut dan pinggang sakit setelah berhubungan 3 hari yang lalu adalah keluhan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang mungkin berhubugan dengan keadaan menuju haid (sindroma pramenstrual), kehamilan atau gangguan otot akibat aktivitas tertentu. Umumnya keluhan tersebut tidak dapat menjadi patokan mutlak terjadinya kehamilan karena tidak terlalu spesifik.

Adapun beberapa tanda awal kehamilan yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  • tidak haid
  • mual muntah yang umum terjadi saat pagi hari (morning sickness)
  • payudara terasa mengalami perubahan
  • timbulnya flek dan sensasi kram pada perut
  • munculnya keputihan

Mengenai keluhan yang Anda alami, kemungkinan kehamilan tentunya ada apabila terdapat riwayat berhubungan intim dengan ejakulasi yang dilakukan di dalam maupun diluar, karen sperma mungkin sudah ada yang masuk baik pada terbawa pada cairan pra ejakulasi maupun saat ejakulasi. Akan tetapi keluhan Anda belum dapat diarahkan pada kehamilan sebelum terjadinya keterlambatan haid.

Ada baiknya Anda menunggu hingga siklus haid tiba, dan jika terjadi keterlambatan, Anda dapat melakukan test pack yang berulang dengan selang waktu seminggu atau memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan USG agar dapat melihat keadaan rahim Anda secara langsung.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil bayi kembar meningkatkan risiko Ibu terkena morning sickness hingga diabetes gestasional

11 Hal yang Perlu Anda Ketahui saat Hamil Bayi Kembar

Hamil bayi kembar adalah hal yang membahagiakan, namun berbeda dengan kehamilan tunggal, hamil bayi kembar memiliki beberapa risiko seperti meningkatnya gejala morning sickness, hingga risiko diabetes gestasional.