Bagaimana cara menghitung hari perkiraan lahir?

TO Info Penanya: TO, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau nanya . Berhubungan diawal agustus . Temen saya lahiran febuari bukan bulannya . Tapi dia mengalami kontraksi . Dia di cs karna air ketubannya pecah dan anaknya aku di rawat takut minum air ketuban . Tapi bb anakbya 3.1 kg an . Tapi dokternya pun tidak bilang kalau dia prematur . Apa dia hamil seblum bulan agustus . Mohon di jawab dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TO.

Melahirkan adalah proses keluarnya bayi dari rahim ibu, setelah melalui masa kehamilan kurang lebih 9 bulan. Saat ini, ada dua metode kelahiran, yaitu secara normal (melalui vagina) atau secara sectio caesarea (melalui perut dengan tindakan operasi). 

Untuk menghitung taksiran melahirkan (HPL; Hari Perkiraan Lahir), harus diketahui dulu tanggal siklus menstruasi terakhir ibu yang disebut HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Misalnya, siklus menstruasi terakhir sebelum hamil jatuh pada tanggal 1 sampai 5 Desember 2019, maka HPHT adalah hari pertama, yaitu 1 Desember 2019.

Lalu, HPHT 1 Desember 2019 dihitung menggunakan rumus seperti berikut:

  • Hari + 7: 1 + 7 = 8
  • Bulan -3: 12 - 3 = 9
  • Tahun +1: 2019 + 1 = 2020
  • Maka, perkiraan bayi akan lahir pada tanggal 8 September 2020.

Contoh kedua, HPHT 1 Januari 2020. Bulan Januari adalah bulan pertama (1), maka untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3:

  • Hari +7: 1 + 7 = 8
  • Bulan +9: 1 + 9 = 10
  • Tahun +0: 2020 + 0 = 2020
  • Maka, perkiraan bayi akan lahir pada tanggal 8 Oktober 2020.

Terkait pertanyaan Anda, Anda dapat menghitung dari tanggal lahir bayi, dan dijumlah atau dikurangi sesuai dengan rumus tersebut, untuk mengetahui perkiraan siklus haid terakhirnya. Masa subur dimana biasanya terjadi pembuahan adalah 11-18 hari setelah HPHT.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.