30 Oct 2021, 08:02Kandungan

Keluar darah dari vagina, haid atau bukan ?

DR
Info Penanya: DR, Wanita, 21 Tahun
Halo dok ,ada tetangga saya umur 13 tahun nah dia belum haid sama sekali dan dia sering memasuki jari nya kedalam vagina kata dia pas besok nya banyak darah di celana dalem nyah Apakah itu haid?
137 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Menstruasi pertama kali pada wanita disebut dengan menarche. Menstruasi pertama atau menarche dapat berupa flek kecoklatan diikuti keluar darah yang banyak pada hari pertama dan kedua.

Keluar darah dari vagina, apakah haid ?

Tetangga Anda umur 13 tahun, belum haid sama sekali dan sering memasuki jarinya ke dalam vagina. Keesokan harinya keluar darah banyak di celana dalam, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Darah menstruasi.
  • Luka pada vagina akibat jari atau kuku.
  • Infeksi saluran kemih.
Normalnya wanita pertama kali haid saat usia 11 hingga 14 tahun. Agar haid teratur dan normal, ubah pola hidup yang lebih sehat dengan menjaga pola makan, makan makanan sehat, pertahankan berat badan ideal, jangan stress, istirahat vukup, lakukan olahraga.Hindari memasukkan jari ke vagina, selain menimbulkan luka, dapat pula menyebabkan infeksi, robek pada selaput vagina. Jaga kebersihan vagina Anda dan ganti pakaian dalam lebih sering. Segera ke dokter spesialis kandungan jika darah yang keluar sangat banyak disertai nyeri hebat.Baca forum terkait :Apa yang menyebabkan haid pertama kali berlangsung lama ?Mengapa anak usia 15 tahun belum juga dapat haid pertama ?Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)kesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil