Apakah sperma yang dikleuarkan diluar vagina bisa menyebabkan kehamilan?

AD Info Penanya: AD, Pria, 22 Tahun
Halo dok, Suami dan istri saya udah berbunganya badan 2 kali , saya belum mau dan ingin sekali ada jarak anak dari saat menikah, jika saat hubungan selesai namun sperma di keluarkan saat lepas dari vagina apakah bisa hamil dong? Yang saya pahami sperma tetep masuk (vagina) dari beberapa saat sebelum mengeluarkan di luar vagina
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Bagi mayoritas pasangan suami istri kehamilan adalah salah satu kondisi yang dinantikan, namun bagi beberapa pasangan terdapat keinginan utuk berencana menunda kehamilan karena suatu alasan tertentu. Kehamilan dapat terjadi bila ada sel sperma dari pria yang berhasil masuk dalam organ reproduksi wanita yang kemudian bertemu dengan sel telur wanita dan terjadi proses pembuahan. Oleh karena itu perlunya dilakukan hubungan seksual ketika wanita sedang dalam masa subur dengan pria melakukan ejakulasi didalam vagina untuk memudahkan terjadinya proses pembuahan tersebebut. Apabila Anda dan pasangan berencana menunda kehamilan maka bisa menggunakan berbagai macam alat kontrasepsi.

Adapun beberapa contoh alat kontrasepsi yang sering digunakan diantaranya adalah:

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila ejakulasi dilakukan diluar vagina, maka kemungkinan terjaidnya kehamilan sangat kecil. Walaupun begitu sebaiknya lakukan tes kehamilan jika siklus menstruasi Anda pada periode berikutnya mengalami keterlambatan. Segeralah konsultasikan keluhan Anda ini kepada dokter spesialis kandungan terdekat untuk menentukan jenis alat kontrasepsi yang sesuai bagi Anda dan pasangan.

Konsumsilah makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian dengan 8 gelas air perhari, perbanyak sayur dan buah, hindari stres, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, beristirahat dengan cukup dan jaga kebersihan diri.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Di Indonesia, usia legal menikah masih jauh lebih muda, dibanding usia ideal menikah pada pria ataupun wanita

Ini Usia Ideal Menikah! Bisa Jadi Jawaban Kalau Ditanya, "Kapan Kawin?"

Usia legal menikah di Indonesia tergolong sangat muda, yaitu 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki. Padahal, usia ideal menikah sebenarnya jauh lebih tinggi, daripada usia tersebut. Pada saat menikah di usia muda, terdapat risiko seperti komplikasi saat hamil, hingga perceraian.