menangani jerawat atau bisul di kemaluan

NK Info Penanya: NK, Wanita, 2019 Tahun
dokter apakah ada obat yang di sediakan di apotik untuk untuk mengatasi jerawat / bisul yang timbul di area kemaluan ? mohon bantuannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Jerawat di kemaluan dapat terjadi dengan berbagai sebab, seperti tersumbatnya pori akibat penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, dan infeksi bakteri.

Tidak hanya yang saya sebutkan, namun jerawat dikemaluan dapat juga disebabkan penyakit lain yang lebih serius.

Berikut merupakan penyebab jerawat di kemaluan :

  1. Folikulitis : peradangan pada folikel rambut. Pada daerah intim ini biasanya terjadi karena mencukur rambut pubis, sumbatan pori karena produksi minyak berlebih akibat penggunaan sabun, pembalut, lotion, detergen atau produk yang tidak tepat dan mengiritasi di daerah kewanitaan, kurangnya kebersihan diri sehingga lembab dan kotor yang merupakan tempat subur bagi bakteri, ataupun rambut pubis yang tumbuh ke dalam. Terkadang infeksi meluas dan menyebabkan bisul (abses) pada kemaluan.
  2. Hydradenitis Supurativa : Merupakan peradangan lama berbentuk bisul dan berisi nanah pada daerah lipatan. Umum terjadi di di ketiak dan selangkangan. Sulit untuk sembuh dan membutuhkan penanganan khusus oleh dokter.
  3. Molluscum contangiosum : Infeksi menular seksual dengan tampilan mirip jerawat akibat infeksi virus.

Saya menyarankan anda memeriksakan diri ke dokter terdekat, agar dokter bisa menentukan obat yang harus diberikan melalui pemeriksaan fisik, sehingga anda dapat penanganan yang tepat.

Berikut hal yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengatasi jerawat sementara:

  • Gunakan pakaian dalam dari bahan katun dan hindari pakaian yang ketat 
  • hindari penggunaan sabun daerah kewanitaan dan sabun dengan parfum pada daerah tersebut
  • Hindari penggunaan air hangat saat mandi ataupun kompres hangat pada daerah tersebut.
  • Hindari mencukur kemaluan, lebih baik gunakan gunting daripada pisau cukur. Bila menggunakan pisau cukur selalu gunakan pisau cukur baru. Gunakan krim cukur saat mencukur untuk mengurangi iritasi

Jangan malu dan ragu untuk memeriksakan diri anda ke dokter. Karena sulit bagi awam untuk membedakan jerawat di kemaluan merupakan jerawat biasa atau karena infeksi yang lebih serius.

 

Demikian penjelasan saya,

Salam sehat

dr. Patricia Oktaviani

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang efektif adalah dengan perawatan laser

Ragam Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Ampuh

Ada beragam cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa Anda coba, mulai dari yang bisa dilakukan sendiri, hingga dengan perawatan dokter.