Menambah tinggi badan saat usia 20an dan penggunaan suplemen apakah effektif

K Info Penanya: K, Pria, 21 Tahun
Dok saya ingin tanya, apakah di usia 20an tinggi badn itu msih bisa bertambah? Dan apakah oenggunaan suplemen peninggi badn itu efektif? Apakah ada efek samping nya? Apakah aman bila digunakan dalam jangka waktu panjang?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam K

Pada saat usia diatas 18 tahun biasanya lempeng epifisis pada tulang panjang tidak mengalami penambahan ukuran lagi,  hal ini membuat tubuh biasanya tidak akan bertambah tinggi setelah usia tersebut. 

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menambah tinggi badan seperti bergantung, berenang, fisioterapi dengan menarik badan, suplementasi penambah badan yang mengandung vitamin d dan kalsium. Namun upaya tersebut tidak signifikan berguna.

Salah satu upaya yang telah dilaporkan berhasil dalam menambah panjang badan adalah melakukan tindakan operasi. Tindakan operasi limb lengthening atau pemanjangan tulang dilakukan dengan melakukan pemotongan tulang osteomi selanjutnya memasang fixator yang secara perlahan menarik panjang tulang selagi proses penyembuhan tulang baru terjadi. Melalui tindakan bedah biasanya panjang badan dapat bertambah sekitar 5-10 cm. Namun tindakan operasi sering membuat nyeri pada pasca operasi.

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang (Sp,OT) mengenai tatalaksana bedah pemanjangan badan. 

Salam sehat

dr. Zulham Effendy

K
19 Aug 2019, 11:29
Jdi harapan utk tambah tinggi di usia 20.an kecil ya dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Patah tulang dapat terjadi pada siapa saja, ketahui dan pelajari pertolongan pertama untuk patah tulang

Lakukan 8 Pertolongan Pertama Ini pada Penderita Patah Tulang

Patah tulang mungkin bisa jadi kondisi darurat medis. Pertolongan pertama pada penderita tetap bisa diberikan guna meredakan sakit maupun menghindari komplikasi.