Menahan napas

RN Info Penanya: RN, Pria, 19 Tahun
Dok mau tanya mengapa manusia hanya bisa menahan napas selama 1 menit? Trimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pada umumnya, manusia hanya bisa menahan napas sekitar 30-60 detik saja. Ini akibat keterbatasan paru-paru karena adanya penumpukan karbon dioksida di dalamnya sehingga harus segera dikeluarkan.

Ketika manusia bernapas, paru-paru akan menghirup oksigen. Oksigen tersebut akan disebarkan ke seluruh organ tubuh terutama sel-sel tubuh melalui darah. Lalu, paru-paru akan mengeluarkan karbon dioksida. Karbon dioksida harus segera dikeluarkan karena tidak baik berada terlalu lama di dalam tubuh manusia. 

Pada beberapa kasus, seperti pada atlet renang ataupun penyelam, mereka bisa menahan napas di dalam air selama 20 menit. Itu dikarenakan mereka memiliki teknik menyelam yang berbeda, yaitu teknik hiperventilasi. Teknik itu berfungsi untuk mengurangi karbondioksida yang menumpuk di dalam darah. Sehingga, para penyelam dapat menahan napas di dalam air untuk waktu yang cukup lama.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Musim hujan 2019/20 diperkirakan akan mencapai puncak pada Januari 2020

4 Tips Menghadapi Musim Hujan 2019 Agar Tidak Gampang Sakit

Musim hujan identik dengan musim penyakit. Namun, Anda dapat tetap sehat selama musim hujan 2019 ini dengan menjalani beberapa tips berikut.