23 Jun 2020, 17:20Psikologi

Memukul diri sendiri apa wajar?

G
Info Penanya: G0
Sore dok, kenapa ya kalau saya marah suka mukul diri sendiri sama mukul tembok dan kalo adik saya dimarahin saya juga mukul diri sendiri?
5417 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi G,Tindakan memukul diri sendiri atau tembok adalah salah satu pelampiasan yang sering dilakukan bila merasa sangat kesal namun tidak mampu melawan. Hal ini sebagai luapan emosi yang ada di dalam tubuh. Dan setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk meluapkan emosinya.Bila tindakan ini sering terjadi, maka tentu saja ada yang tidak wajar dalam kondisi mental Anda dan memerlukan bantuan psikolog atau psikiater untuk mengenali dan mengendalikannya agar tidak semakin berkembang. Karena bila perilaku ini dibiarkan maka lama kelamaan akan berkembang ke arah menyakiti orang lain, dan hal tersebut tentunya sangat berbahaya.

Yang sebaiknya Anda lakukan bila sedang ada masalah atau sedang emosi adalah:

  • Berusaha mengatur napas dan berpikir tenang. Tarik napas dalam dan hembuskan secara perlahan-lahan, ulangi beberapa kali sampai detak jantung tidak terlalu cepat.
  • Minum segelas air untuk membantu menenangkan pikiran.
  • Berusaha menjauh dari sumber keributan untuk sementara waktu.
  • Berbagi cerita dengan orang lain yang Anda percayai.
Namun tindakan terbaik yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan konseling dengan psikolog atau psikiater. Psikolog akan mendalami masalah Anda dan pelan-pelan mengajarkan cara beradaptasi yang benar untuk menghadapi masalah Anda.Salam sehat,dr. Vina
stresgangguan stres akutmanajemen amarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil