Memperlancar haid menggunakan obat

T Info Penanya: T, Wanita, 22 Tahun
Dok awalnya saya mengomsumsi obat Mcapsul untuk memperlancar haid setelah seminggu dan haid pun datang saya meminum air kelapa muda, lebih dari 15 hari saya keluar darah terus disertakan gumpalan setelah di usg tdk ada apa2 kemudian saya dikasih obat norestil, sudah saya minum cmn jika saya kelelahan ataupun lupa kadang sehari cmn minum 1x dikemudian hari pasti ngeflek?apakah saya ketergantungan oleh obatnya atau gmn ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, T

Pada wanita muda yang masih belum teratur menstruasinya bisa diberikan resep obat. Kandungan obat tersebut berisi hormon. Sama seperti kontrasepsi oral, khasiatnya akan timbul bila diminum secara teratur tiap harinya. Karena fungsinya menjaga keseimbangan hormon. Bila ada yang ke skip, bisa jadi akan timbul flek. Tidak usah khawatir dan lanjutkan saja untuk esok harinya.

Pada deskripsi anda, sempat ada perdarahan selama 2 minggu sampai dengan keluar gumpalan darah. Sehingga dari dokter memberikan terapi hormon untuk memperlancar menstruasi agar lebih teratur bulan berikutnya.

Hindari kelelahan dan faktor stres karena akan mempengaruhi siklus haid anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.