14 Dec 2020, 23:02Penyakit Lainnya

Bagaimana cara untuk melancarkan ASI?

AI
Info Penanya: AI0
Mlm dok, Bagai mna memperlancar asi dok,
432 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaannya.ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi sehingga dokter sangat menganjurkan pemberian ASI eksklusif dalam 6 bulan pertama yang dilanjut hingga anak 2 tahun yang disertai tambahan makanan pendamping. 

Cara memperlancar ASI :

  • Menyusui lebih sering
    Menyusui anak sesering mungkin hingga anak melepaskan sendiri puting ibu. Saat anak menyusui, hormon akan memicu produksi ASI sehingga produksi ASI akan bertambah. 
  • Pompa ASI
    Hangatkan bagian payudara agar pompa lebih nyaman dan tidak sakit. Ketika ASI sisa setelah menyusui segera pompa agar tidak menumpuk dan dapat merangsang produksi ASI kembali.
  • Menyusui dengan kedua payudara
    Beberapa anak memang terbiasa menyusui pada satu payudara saja namun memberikan ASI secara bergantian semakin meningkatkan produksi ASI.
  • Konsumsi daun katuk
    Setelah diteliti daun katuk merangsang hormon prolactin untuk meningkatkan produksi ASI.
  • Konsumsi bayam yang memiliki kandungan tinggi nutrisi serta jahe yang dapat membantu melancarkan produksi ASI. Jahe dapat sebagai minuman ataupun campuran pada makanan.
Selain itu, perlu diketahui pula ada kondisi yang menyebabkan produksi ASI menurun seperti faktor psikologis (cemas, stress, kurang istirahat), memiliki riwayat gula darah tinggi, tekanan darah tinggi serta PCOS.  Hindari hal-hal tersebut agar tidak mempengaruhi produksi ASI. Apabila produksi ASI menurun dan tindakan melancarakan ASI sama sekali tidak membantu tidak ada salahnya konsultasi dengan dokter atau konselor laktasi perihal pemberian formula sebagai susu tambahan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
produksi asinutrisi anakasi eksklusif
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil