Memiliki fobia gelap dan jarum suntik

SA Info Penanya: SA, Wanita, 2019 Tahun
Dok, sy memiliki fobia gelap n jarum suntik.jk mati lampu, sy jg jd cemas, jantung berdetak lebih cepat dan pny perasaan khawatir yg mgkn sbnrnya tdk perlu trjd.bgmn cara mengatasi hal tsb?Yg kedua sy jg memiliki fobia jarum suntik.sewaktu hamil sy jg tdk pernah mau diimunisasi krn takut jarum suntik.pdhl bs diblg sy sering masuk RS, tp ttp sj takut dg jarum suntik. Klo mlht jarum suntik, sprti sesuatu yg menakutkn dan ngeri.bgmn mgtasi hal dmikian dok? Trima ksh ats pnjlsnnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SAL,

Fobia merupakan perasaan takut yang sangat terhadap suatu hal tertentu. Kondisi ini bisa memicu kecemasan dan ketakutan bagi penderitanya. Selain reaksi psikis juga bisa timbul reaksi fisik seperti jantung berdebar, sesak, berkeringat, pusing, mual sampai pingsan. Penyebabnya sendiri beragam seperti:

  • Pengalaman yang tidak enak
  • Faktor genetik
  • Faktor lingkungan
  • Faktor biologis pada fungsi otak
  • Penyebab lainnya

Untuk mengatasinya perlu dilakukan upaya pengendalian dari mencari hal apa saja yang ditakuti dan dilakukan psikoterapi seperti dilakukan terapi perilaku kognitif, terapi pemaparan terhadap pemicu fobia, ataupun menggunakan obat-obatan untuk mengendalikan fobia yang timbul. Untuk itu jika memiliki ketakutan atau fobia terhadap sesuatu maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter ahli kejiwawan dan dilakukan penanganan. Selain itu juga upayakan menerapkan pola hidup sehat, hindari mengonsumsi alkohol atau kafein, menerapkan teknik relaksasi, berbagi cerita dengan orang terdekat atau orang yang dipercaya agar membantu mengatasi fobia yang dimiliki. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak ide menjadi relawan sosial, seperti di panti jompo untuk membantu orang lanjut usia

Bantu Temukan Makna Hidup, Ini Manfaat Menjadi Relawan Sosial

Banyak orang bergabung menjadi relawan sosial untuk mencari teman baru. Namun tak hanya itu, kesehatan mental Anda pun dapat meningkat dengan membantu orang lain.