Memijat belakang lutut

AF Info Penanya: AF, Pria, 20 Tahun
Hi dokter, saya mau bertanya, apakah benar pada lekukan lutut/belakang lutut tidak boleh di pijat? Dan apakah benar ada kantung cairan pada bagian itu jika cairan itu pecah bisa mengakibatkan kelumpuhan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AF

Pada bagian belakang lutut terdapat kumpulan otot, pembuluh darah arteri peroneal dan saraf tibialis posterior. Pada pemijatan yang terlalu keras atau hantaman trauma yang berat dapat merusak saraf dibelakang nervus tibialis yang akhirnya tidak ada stimulus untuk ke tungkai bawah sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan.

Kondisi tekanan yang terlalu berat juga dapat merobek pembuluh darah yang menyebabkan hilangnya aliran darah sehingga pada tungkai bawah dapat mengalami iskemia/ kurang aliran darah sehingga terjadi kematian tungkai bawah dan tidak bisa bergerak. Selain itu, robekan juga dapat memicu tumpukan trombus atau gumpalan darah, jika gumpalan tersebut terlepas hingga ke otak dapat menyebabkan stroke. 

Saya sarankan jika memijat tidak terlalu keras. Gunakan cream yang bersifat dingin untuk merelaxasikan otot. Jika terdapat keluhan bengkak dan kelumpuhan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis Ortopaedi.

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangan gemetar bisa saja memiliki penyebab tremor yang berbeda bila gemetaran terjadi di bagian lain tubuh

Penyebab Tremor Bukan Hanya Penyakit Parkinson

Tremor adalah gemetar yang terjadi pada tubuh atau anggota badan yang tidak bisa kita kontrol. Penyebab tremor bisa merupakan hal yang normal, seperti penuaan, kedinginan, dan emosi (misalnya, ketakutan atau kemarahan). Namun ada juga berbagai kondisi medis yang jadi pemicunya.