05 Oct 2021, 17:50Penyakit Lainnya

Memegang masker apakah bisa terinfeksi corona?

RA
Info Penanya: RA0
Dok syaa memegang masker, rencananya hanya menurunkan buat membuang ludah, baru menutup lg begitu saja. Apakah ada perpindahan virus dari tangan ke masker? Apa virus berbahaya seperti corona atau hiv dok?
115 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam RAVirus corona yang sedang merebak di penjuru dunia saat ini adalah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia yang bisa menyebabkan gagal nafas. Virus ini tidak kasat mata karena ukurannya yang sangat kecil dan sangat mudah menular melalui droplet yang mengenai berbagai permukaan ataupun udara saat berbicara, menyanyi, bersin, atau batuk dan kemudian terhirup atau mengenai mata.

Cara menggunakan masker

Menggunakan masker adalah salah satu cara pencegahan tertularnya virus corona. Terdapat beberapa cara dalam penggunaan masker yakni:
  • menggunakan masker yang diakui CDC 
  • tidak menyentuh masker
  • tidak menurunkan masker ke dagu
  • tidak menggantungkan masker di dada dengan tali penggantung
  • mengganti masker secara berkala atau bila sudah mengenai permukaan benda atau rusak
  • batuk dan bersin tetap menggunakan masker dan diganti setelahnya
  • sebisa mungkin tidak melepas masker saat berada di tempat umum
  • segera membuang masker yang sudah digunakan dan mencuci tangan

Memegang masker beresiko tertular virus corona

Memegang masker memang beresiko transmisi virus corona dari tangan ke masker dan sebaliknya dari masker ke tangan. Dan bila anda memegang bagian wajah dengan tangan atau menggunakan masker yang terkontaminasi virus corona maka ada kemungkinan untuk tertular virus corona.Maka itu anda perlu mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer setelah memegang masker dan menggunakan masker dengan benar serta tidak membuang ludah secara sembarang. Selain itu penting pula untuk melakukan vaksinasi corona untuk bisa membentuk antibodi terhadap virus tersebut dan menjalankan pola hidup sehat agar imunitas kuat.

Virus Corona Dan Virus HIV

Terkait virus HIV adalah golongan yang berbeda dengan virus corona dimana virus HIV menular melalui darah atau hubungan seksual. Virus ini menyerang bagian sistem imun sehingga membuat imun tubuh lemah dan mudah terinfeksi penyakit lainnya, termasuk menjadi salah satu kelompok yang mudah terinfeksi virus corona.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
hivinfeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil