07 Sep 2021, 20:45Infeksi

Apakah ada ketentuan membersihkan ruangan pasca isoman?

S
Info Penanya: S, Wanita, 28 Tahun
Halo Dokter, Kalau untuk ruangan atau kamar bekas isoman pasien covid, bagaimana cara terbaik untuk membersihkannya? Apakah dengan menyemprotkan cairan desinfektan, kemudian mengelapnya dengan kain yang dibasahi dengan air sabun sudah cukup? Terus, bagaimana dengan sisa pakaian dalam lemari yang belum terpakai? Haruskah dicuci semua? Atau cukup hanya dengan menjemurnya di bawah sinar matahari tanpa dicuci sebelumnya? Berapa lama sebenarnya virus corona bisa bertahan di permukaan benda mati?
213 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaannya.Penyebaran COVID-19 melalui paparan dari bersin, batuk, napas, dan bicara seseorang yang positif terinfeksi COVID-19.  Penelitian terdahulu mengatakan penularan juga dapat terjadi pada benda-benda yang terkontaminasi virus.  Namun saat ini risiko penularan melalui benda ditemukan sedikit sehingga diutamakan tetap pembatasan kontak dan protokol kesehatan.  Jadi pasca isoman pun sebenarnya membersihan ruangan selayakan membersihkan ruangan yang lama tertutup.  

Cara membersihkan ruangan pasca isolasi COVID-19 :

  • Buka jendala kamar agar sirkulasi lancar, ganti tirai jika memang berdebu. 
  • Gunakan sarung tangan dan masker agar tidak terhirup cairan pembersih.  
  • Cairan pembersih bisa gunakan yang memiliki kandungan alkohol tinggi. 
  • Lap dan ganti seprai, selimut, handuk, dan sarung bantal agar tidak menumpuk kutu dan serangga lain karena tidak dibersihkan selama 10-14 hari. 
Terkait baju di lermari, jika belum terpakai maka tidak perlu sampai dicuci ulang.  Cukup dikeluarkan dan bersihkan lemari dalam agar tidak berdebu.  Ada penelitian yang menyatakan masa hidup virus di permukaan dapat berbeda-beda tergantung jenisnya namun karena faktor utama penularan COVID-19 dari udara dan kontak erat maka selama sudah melakukan isolasi 14 hari bebas gejala dan kamar sudah dibersihkan dengan benar, maka hal tersebut sudah cukup. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menjaga kesehataninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil