Apakah saya bisa hamil?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 21 Tahun
Assalamualaikum dok,saya tanggal 29 juli suntik kb 3 bulan itu untuk pertama kali nya,dan saya baru melahirkan secara normal,pada tnggal 29 juli saya suntik kb itupun masa menstruasi pada tanggal 26 juli,,, dan 5 hari nya saya berhubungan badan tanggal 2 agustus tadi pagi tapi di keluarkan di luar di tangan suami saya sendiri,apakah menyebabkan kehamilan dok?? Mohon jawab dok??? TERIMA KASIH DOK
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AR.

Kehamilan dapat terjadi apabila ada pertemuan sel sperma dengan sel telur. Agar terjadi pertemuan tersebut, pria dan wanita harus melakukan aktivitas seksual. Kemungkinan kehamilan akan besar apabila dilakukan ejakulasi di dalam vagina pada masa subur. Sebaliknya, jika ejakulasi dilakukan di luar vagina, tetapi berdekatan atau sempat menyentuh, maka kemungkinannya cenderung kecil (tetapi tetap ada).

Mengenai kondisi yang Anda sampaikan, berikut penjelasannya:

  • Anda melahirkan secara normal, dan pada tanggal 26 Juli Anda selesai menstruasi. Hal ini menandakan bahwa Anda sudah subur kembali dan dapat hamil lagi.
  • Pada tanggal 29 Juli Anda melakukan suntik 3 bulan, dimana suntik baru akan efektif 14 hari setelahnya.
  • Pada tanggal 2 Agustus (baru lima hari setelah suntik), Anda melakukan hubungan badan. Oleh karena itu, kemungkinan suntik masih belum efektif, dan kehamilan masih mungkin terjadi.
  • Tetapi, jika ejakulasi dilakukan jauh dari vagina, dan tangan suami tidak menyentuh vagina, serta tidak ada menggesek-gesekkan kelamin, maka kemungkinan kehamilan amat sangat kecil.

Apabila Anda ragu, Anda dapat melakukan testpack apabila mengalami keterlambatan haid. Atau, lakukan USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya.

Ke depannya, apabila Anda ingin melakukan hubungan intim lagi sebelum 14 hari pasca penggunaan suntik, silakan gunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom jika belum ingin hamil lagi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
03 Aug 2020, 13:20
Tetapi setelah itu saya langsung mencuci vagina saya pakai sabun dok,dan jam 10 tadi saya meminum obat postinor dok ,karna saya takut kalau ada pembuatan dok,apakah masih efektif obat nya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
06 Aug 2020, 06:34
Selamat pagi, AR.
Kontrasepsi darurat diperuntukan sesegera mungkin hingga beberapa hari setelah berhubungan seksual. Kemungkinan obat KB darurat tersebut masih cukup efektif namun tidak dapat dipastikan sepenuhnya.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.