15 Feb 2021, 13:35Kandungan

Memastikan antara positif negatif hamil tidak?

SN
Info Penanya: SN0
Dok, bulan januari ini sy mulai haid tgl 2-5, dan sampai saat ini tgl 15 februari sy masih blum dtg bulan. Kemarin tgl 12 feb sy test pagi hasilnya 2 garis samar, kemudian 3 harinya dimana tgl 15 feb sy tes sebanyak 2x hasilnya garis 1 (negatif). Apakah sy hamil atau tidak ya dok? Sy haid setiap bulan selalu berubah".
339 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi SN,Hasil testpack yang negatif adalah menandakan tidak terjadi kehamilan. Tetapi jika sebelumnya hasil testpack samar, hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan testpack yang kurang tepat, kadar hormon kehamilan yang belum banyak terdeteksi, ataupun juga alat testpack yang menguap.Jika sudah 10 hari terlambat haid, sebaiknya bisa diulang testpack apabila sampai bulan berikutnya masih belum juga haid. Penyebab terlambat haid sendiri tidak selalu akibat kehamilan, beberapa hal lain yang bisa jadi faktor pencetusnya seperti:
  • Hormonal imbalance atau masalah hormon
  • Efek kontrasepsi
  • Sedang ada beban pikiran, stres, cemas
  • Mengalami kelelahan atau sedang menjalani aktivitas berat
  • Istirahat yang kurang baik
  • Masalah di organ reproduksi

Penanganan masalah haid

Untuk itu coba perbaiki kesehariannya agar bisa membuat menstruasi lebih lancar. Jika sering kali mengalami haid yang kurang lancar, bisa juga diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan pemeriksaan USG dan pemeriksaan hormonal jika diperlukan. Penanganan lain adalah dengan pemberian obat setelah diketahui apa yang jadi penyebab masalah haid tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil